Selasa 14 Feb 2023 23:55 WIB

Punya Penyakit Maag? Hindari Makanan Ini, Jika tidak Bisa Tambah Parah

Pada penderita maag, apalagi maag akut, rasa nyeri yang timbul bisa sangat hebat.

Red: Qommarria Rostanti
Penderita maag wajib menghindari beebrapa makanan yang dapat memperparahnya.
Foto: Pixabay
Penderita maag wajib menghindari beebrapa makanan yang dapat memperparahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroentero-hepatologi dr Aru Ariadno mengingatkan penderita maag harus menghindari makanan-makanan yang terlalu merangsang asam lambung naik.Hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah kekambuhan.

"Asam, cokelat, keju, terlalu berlemak, terlalu berminyak, terlambat makan. Itu sudah harus dihindari. Beberapa kasus pada kopi juga harus dihindari," kata Aru, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga

Dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) ini mengatakan, makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam serta minuman beralkohol, termasuk rokok, juga harus dihindari oleh penderita maag. Semua itu, kata Aru, harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat terutama menjaga pola makan teratur dan tidak boleh terlambat makan.

Istirahat cukup, hindari stres, olahraga rutin, serta rutin minum obat, sesuai anjuran dokter juga harus dilakukan pada pasien. Dengan begitu, diharapkan kondisi maag dapat sembuh dan terhindar dari maag berat.