Kamis 02 Mar 2023 17:19 WIB

Pelindo Dorong UKM Binaan Tembus Pasar Global Lewat Inacraft 2023

Pendampingan sektor usaha kecil dan menengah merupakan bagian dari komitmen Pelindo

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Suasana pameran Perdagangan Internasional Produk Kerajinan Indonesia (Inacraft) di Jakarta Convention Center, Jakarta, (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Suasana pameran Perdagangan Internasional Produk Kerajinan Indonesia (Inacraft) di Jakarta Convention Center, Jakarta, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) memfasilitasi lima Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan untuk mengikuti pameran The International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Jakarta, pada 1-5 Maret 2023. Melalui keikutsertaan tersebut, Pelindo mendorong UKM binaan agar bisa memperluas pasar, termasuk merambah pasar luar negeri.

“Kelima UKM tersebut dipilih dari ratusan UKM terbaik binaan Pelindo. Salah satu di antaranya bahkan sedang dalam pembinaan Program Gedor Ekspor Pelindo,” kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ihsanuddin Usman, di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

Seperti diketahui, Inacraft kembali diadakan untuk ke-23 kalinya di Jakarta Convention Center. Pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini menghadirkan 1.118 UKM dari 1.200 booth. Tahun ini penyelenggara mengusung tema 'From Smart Village to Global Market', dengan target 170 ribu pengunjung.

Ihsanuddin menjelaskan, pascaintegrasi Pelindo, pihaknya terus berbenah dalam perbaikan layanan pelabuhan dan fokus melakukan transformasi di internal perusahaan. Namun sebagai BUMN, Pelindo berkepentingan mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).