Sabtu 04 Mar 2023 00:35 WIB

Suka Makan Kue Sus? Hati-Hati dengan Isiannya, Bisa Jadi tidak Halal

Isian kue sus bisa jadi menggunakan bahan yang tidak halal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kue sus, Isian kue sus dapat membuat camilan tersebut tidak halal.
Foto:

Untuk menghasilkan foam yang tebal, whipped cream harus memiliki kandungan lemak mentega yang tinggi (sekitar 30-36 persen). Hal ini karena butiran lemak berkontribusi untuk membentuk gelembung udara yang stabil.

Kadang, bahan tambahan lain juga bisa ditambahkan untuk membantu pengembangan, seperti sodium caseinate, whey protein, dan glucose syrup. Lemak dan bahan inilah yang perlu ditelusur i sumbernya.

"Bahannya harus bersumber dari yang halal," kata Corporate Secretary Manager LPPOM MUI, Raafqi Ranasasmita, dikutip Jumat (3/3/2023).

Meski sudah banyak produk whipped cream yang beredar di pasaran, Raafqi mengatakan sebagian di antaranya berasal dari luar negeri. Karena itu, Raafqi menyarankan konsumen Muslim memastikan adanya label halal sebagai bukti atau jaminan kehalalan produk.

Di Indonesia, Raafqi mengatakan sudah banyak beredar produk ekstrak vanila dan whipped cream yang memiliki sertifikat halal. LPPOM MUI menyediakan platform Cek Produk Halal untuk memudahkan konsumen Muslim dalam mencari alternatif berbagai produk halal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement