Ahad 12 Mar 2023 05:00 WIB

Kisah Anjing yang Diabadikan dalam Alquran

Anjing dalam Alquran disebut dengan al-kalb.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Anjing yang Diabadikan dalam Alquran. Foto:  Infografis 99 Asmaul Husna Arab, Latin, dan Terjemahan. Ilustrasi Alquran
Foto: Republika.co.id
Kisah Anjing yang Diabadikan dalam Alquran. Foto: Infografis 99 Asmaul Husna Arab, Latin, dan Terjemahan. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anjing dalam Alquran disebut dengan al-kalb, hewan ini dikenal memiliki kesetiaan. Dalam Alquran di surat Al-Kahfi kesetiaannya juga disampaikan. Terdapat seekor anjing yang setia menemani para pemuda Ashabul Kahfi yang tinggal di dalam gua.

Dikutip dari buku Kisah-kisah Hewan dalam Alquran karya Abu Afifah Ar-Raji, Pada zaman dahulu ada seorang raja Romawi yang sangat kejam dan penyembah berhala bernama Diqyanus (Decius). Setiap tahunnya ia mengadakan hari raya pemujaan berhala-berhala, dan memaksa rakyatnya agar menyembah berhala.

Baca Juga

Siapa saja yang ketahuan menolak, maka akan disiksa atau dibunuh. Banyak rakyat yang takut dan meninggalkan agama tauhid. Namun ada sekelompok pemuda yang tetap memegang teguh ajaran tauhid, hanya menyembah satu Tuhan, yaitu Allah Azza wa Jalla.

Pada hari raya penyembahan berhala tahun ini, mereka enggan bergabung dengan orang-orang yang berbuat syirik itu. Mereka berkumpul untuk beribadah kepada Allah Azza wa Jalla. Kegiatan mereka akhirnya diketahui penduduk. Mereka melaporkan kepada mata-mata kerajaan.