Rabu 22 Mar 2023 12:34 WIB

Tingkatkan SDM Pelaut, PIP Makassar Didik Ribuan Siswa SMK Pelayaran

saat ini memang terjadi ketimpangan kualitas SDM Pelayaran yang ada di Indonesia.

Red: Agus Yulianto
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar gencar melakukan kerja sama melalui Pendidikan dan Pelatihan  (Diklat) di bidang Ilmu Pelayaran dengan ratusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pelayaran yang ada di Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur.
Foto: Istimewa
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar gencar melakukan kerja sama melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di bidang Ilmu Pelayaran dengan ratusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pelayaran yang ada di Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya pembinaan terhadap generasi muda sekaligus mempersiapkan para pelaut yang tangguh, maka Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar gencar melakukan kerja sama melalui Pendidikan dan Pelatihan  (Diklat) di bidang Ilmu Pelayaran dengan ratusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pelayaran yang ada di Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur.

Direktur PIP Makassar Capt Sukirno menjelaskan, bahwa tidak dipungkiri saat ini memang terjadi ketimpangan kualitas SDM Pelayaran yang ada di Indonesia, terlebih di antara sekolah swasta dan negeri. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh PIP Makassar, baik dari sisi teori, tenaga pengajar dan sarana peraktik, maka pihaknya siap berkontribusi meningkatkan kualitas SDM pelaut di Tanah Air.

Salah satunya, dengan melakukan pembinaan kepada generasi muda SMK agar lebih memiliki pengetahuan dasar yang baik. Sehingga, pada saat mereka memasuki kejenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun dunia kerja para siswa tersebut bisa lebih siap.

“Tujuan kami memberikan diklat ini kepada para pelajar SMK adalah sebagai wujud transfer knowladge kepada para generasi muda penerus calon para pelaut," kata Capt Sukirno dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/3/2023).