Kamis 23 Mar 2023 21:47 WIB

PM Spanyol akan Temui Xi, Cina Dinilai Penting Soal Ukraina

Spanyol mengharapkan adanya gencatan senjata secepat mungkin di Ukraina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ferry kisihandi
Seorang tentara Ukraina berlindung di depan gedung yang terbakar akibat serangan udara Rusia di Avdiivka, Ukraina, Jumat (17/3/2023)..
Foto: AP Photo/Evgeniy Maloletka
Seorang tentara Ukraina berlindung di depan gedung yang terbakar akibat serangan udara Rusia di Avdiivka, Ukraina, Jumat (17/3/2023)..

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez diagendakan mengunjungi Cina pekan depan. Dia bakal bertemu Presiden Xi Jinping membahas rencana perdamaian Cina untuk konflik Ukraina.

“Cina bisa berperan yang sangat penting dalam mediasi antara Rusia dan Ukraina. Ini tentu saja menjadi salah satu tema (diskusi Sanchez dengan Xi),” kata Menteri Urusan Parlemen Spanyol Felix Bolanos kepada stasiun televisi publik Spanyol, TVE, Kamis (23/3/2023).

Bolanos mengungkapkan, Spanyol mengharapkan adanya gencatan senjata secepat mungkin di Ukraina. “Namun itu akan membutuhkan banyak pekerjaan dari sudut pandang diplomatik,” ucapnya. 

Sangat penting, konflik ini berakhir dan Rusia mengakui ini  agresi yang tidak dapat dibenarkan. ‘’Karena itu, mendesak semuanya kembali ke situasi yang berlaku sebelum invasi Rusia,” kata Bolanos menambahkan.