Ahad 26 Mar 2023 18:07 WIB

Survei Sebut Nasabah Butuh Kemudahan dan Kenyamanan dalam Fitur Super App Perbankan

Perubahan sikap masyarakat telah mendorong ekosistem keuangan dan perbankan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi super app perbankan.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi super app perbankan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei mengungkap sikap konsumen dalam penggunaan aplikasi keuangan dan perbankan. Survei Katadata Insight Center (KIC) tersebut bertajuk Consumer Attitude Towards Banking Super App. Melalui survei ini, KIC memberikan wawasan mengenai bentuk kemudahan dan kenyamanan transaksi yang paling dihargai oleh pengguna super app perbankan di Indonesia.

Survei ini menggali lebih lanjut sikap konsumen dalam menggunakan tiga produk keuangan yang berbeda yakni layanan perbankan, e-wallet, dan investasi. 

Baca Juga

Lebih dari setengah responden yang disurvei berharap tiga produk keuangan tersebut dapat diakses melalui satu aplikasi sehingga mempermudah berbagai transaksi keuangan. Aplikasi yang menyediakan akses terhadap berbagai layanan dalam satu wadah kini dikenal dengan sebutan aplikasi super atau super app. 

Berdasarkan temuan survei ini, terungkap pula lima super app perbankan yang paling banyak digunakan oleh responden dalam tiga bulan terakhir pascainstalasi, yaitu BCA Mobile, (85,2%), BRImo (78,1%), Livin’ by Mandiri (77,8%), SeaBank (75,8%), dan OCTO Mobile (74,3%).