Sabtu 01 Apr 2023 07:01 WIB

Cium Istri Itu Halal, Tapi Jangan Dilakukan di Siang Hari Saat Ramadhan, Hukumannya tak Main-Main

Mencium istri ketika sedang berpuasa hukumnya boleh, tetapi dianjurkan untuk dihindari.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

Ilustrasi pasangan suami istri. Mencium istri atau suami di siang hari ketika sedang berpuasa diperbolehkan. Foto: Republika.
Ilustrasi pasangan suami istri. Mencium istri atau suami di siang hari ketika sedang berpuasa diperbolehkan. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Selain menahan makan dan minum, umat Islam yang berpuasa dilarang berhubungan badan dengan suami atau istrinya. Namun, bagaimana ketika sedang puasa Ramadhan seorang suami mencium istrinya. Apakah puasanya batal atau tidak?

Umar Bin Khattab dalam satu riwayat diceritakan ketika sedang berpuasa, beliau mencium istrinya. Kemudian Umar menceritakan kejadian itu kepada Rasulullah.

حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ حَدَّثَنَا لَيْثٌ حَدَّثَنِي بُكَيْرٌ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيِّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ هَشَشْتُ يَوْمًا فَقَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ صَنَعْتُ الْيَوْمَ أَمْرًا عَظِيمًا قَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَأَيْتَ لَوْ تَمَضْمَضْتَ بِمَاءٍ وَأَنْتَ صَائِمٌ فَقُلْتُ لَا بَأْسَ بِذَلِكَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَفِيمَ

Umar Bin Khattab mengatakan, "Pada suatu hari hasyratku (syahwatku) bergejolak, kemudian mencium (istri) padahal aku sedang berpuasa, maka aku datang menemui Rasulullah SAW. Aku mengatakan hari ini aku melakukan suatu perbuatan (kesalahan) yang besar, aku mencium (istri) padahal sedang berpuasa."

Rasulullah SAW menjawab, "Apa pendapatmu apabila kamu berkumur-kumur dengan air padahal kamu sedang berpuasa?" Umar Bin Khattab menjawab, "Hal itu tidak mengapa (tidak membatalkan puasa)." Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Lalu di mana masalahnya?" (Musnad Ahmad).

BACA JUGA: Doa dan Dzikir Pagi 10 Ramadhan 2023, Membuka Pintu Rezeki dan Keberkahan

Dari situasi Umar di atas bisa ditafsirkan jika mencium istri saat sedang berpuasa, baik puasa sunnah atau puasa Ramadhan, tidak membatalkan puasanya. Namun perbuatan-perbuatan yang bisa memancing diri ini membatalkan puasa sebaiknya tidak dilakukan.

Rasulullah pernah bercumbu dan mencium istrinya saat sedang berpuasa, tetapi...


Rasulullah pernah mencium istrinya saat siang hari di bulan Ramadhan.
Rasulullah pernah mencium istrinya saat siang hari di bulan Ramadhan.

RASULULLAH BERCUMBU DENGAN ISTRI

Dalam beberapa riwayat disebutkan Rasulullah pernah mencium istri-istrinya ketika sedang berpuasa. Dari Aisyah RA, dia berkata, "Nabi SAW pernah mencium dan bercumbu dengan istrinya ketika sedang berpuasa, namun beliau adalah orang yang paling kuat menahan nafsunya." (HR Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan pula dari Ummu Salamah, Rasulullah SAW menciumnya ketika beliau SAW sedang puasa. (HR Bukhari). Dalam riwayat lain, dari Aisyah, dia berkata, "Nabi SAW pernah menciumku ketika beliau sedang puasa dan aku juga berpuasa." (HR Abu Daud)

BACA JUGA: Bolehkah Umat Islam Berbohong demi Merayakan April Mop?

.

Guru Besar Fiqih Perbandingan di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Syekh Dr Ahmad Karimah menjelaskan, bila seorang pemuda mencium istrinya di siang hari pada bulan suci Ramadhan karena dalil-dalil tersebut, maka apa yang dilakukan pemuda tersebut keliru.

"Karena ciuman Nabi kepada beberapa istrinya itu adalah ciuman rahmat, dan bukan ciuman syahwat," kata dia seperti dilansir Masrawy, Jumat (24/3/2023). Syekh Karimah menasehati agar para pria tidak mencium istrinya di siang hari saat Ramadhan untuk menjaga agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang haram karena akan membatalkan puasa.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Kelelahan Saat Istri Ketagihan Bunuh Orang Kafir di Malam Pertama

Tak hanya itu, Habib Quraish Shihab menjelaskan, ulama telah memperingatkan agar pengantin baru atau yang masih muda untuk tidak mencium pasangannya saat sedang puasa. Sebab cumbuan di siang hari adalah sesuatu yang sangat makruh, dan buruk bagi mereka.

Sebab jika ada seorang Muslim yang wajib berpuasa lalu membatalkan puasanya tanpa uzur gara-gara berhubungan badan, maka dia terkena sanksi. Pertama dia wajib menqadha puasanya, membayar denda, diberi peringatan keras serta wajib pula menahan diri seperti orang berpuasa.

BACA JUGA: Gus Baha: Sampai Kiamat Pun Palestina-Israel tak Bisa Berdamai

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA TULISAN MENARIK LAINNYA:

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement