Sabtu 15 Apr 2023 08:33 WIB

Tips Cari Pekerjaan Bagi Karyawan yang Pilih Resign Setelah Lebaran

Mencari pekerjaan baru tidak selalu mudah, terutama di tengah persaingan ketat.

Sejumlah pelamar kerja mengantre untuk dapat masuk ke dalam lokasi Bursa Kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Batam di Batam, Kepulauan Riau, Senin (7/11/2022). Tips Cari Pekerjaan Bagi Karyawan yang Pilih Resign Setelah Lebaran
Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Sejumlah pelamar kerja mengantre untuk dapat masuk ke dalam lokasi Bursa Kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Batam di Batam, Kepulauan Riau, Senin (7/11/2022). Tips Cari Pekerjaan Bagi Karyawan yang Pilih Resign Setelah Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa setelah lebaran biasanya kerap menjadi momentum bagi karyawan yang memutuskan resign atau mengundurkan diri dari pekerjaannya. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, mulai dari menunggu Tunjangan Hari Raya (THR) cair, melihat peluang lowongan kerja yang banyak dibuka, hingga mencari tantangan kerja baru.

Akan tetapi mencari pekerjaan baru tidak selalu mudah, terutama di tengah persaingan yang ketat di dunia kerja yang terjadi saat ini. Selain itu, proses rekrutmen atau melamar kerja pun dapat berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Baca Juga

Untuk memaksimalkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan baru, JobStreet membagikan sejumlah tips bagi karyawan yang akan mencari pekerjaan baru pasca-resign setelah lebaran. Berikut empat tips tersebut sebagaimana dikutip melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Tips Cari Pekerjaan Bagi Karyawan yang Pilih Resign Setelah Lebaran

1. Lakukan riset seputar perusahaan dan jabatan yang Anda incar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan riset terhadap perusahaan serta jabatan yang ingin Anda lamar. Langkah ini penting dilakukan sebelum memutuskan untuk melamar ke sebuah perusahaan.

Dengan melakukan riset, Anda dapat terlihat menjadi kandidat terdepan dengan pengetahuan yang baik mengenai perusahaan serta jabatan yang Anda lamar.

2. Perbarui CV dan siapkan cover letter yang sesuai

Setelah melakukan riset, pastikan Anda melakukan pembaruan atau update CV sesuai dengan jabatan pekerjaan Anda sebelumnya. Jangan lupa, siapkan pula cover letter yang menarik agar mudah dilirik oleh perekrut.

Anda juga dapat menambahkan beberapa keyword atau kata kunci yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda sehingga dapat menarik perhatian perekrut dengan mudah.

3. Perbarui dan lengkapi profil JobStreet

Tak hanya CV, Anda juga perlu melakukan pembaruan ataupun melengkapi data serta pencapaian terbaru yang Anda dapatkan di kantor sebelumnya di halaman profil JobStreet.

Hal ini tentunya juga dapat mempermudah perekrut untuk melakukan seleksi terhadap kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan mereka.

4. Lakukan follow-up kepada HR

Anda dapat melakukan follow-up mandiri kepada perekrut dengan menanyakan kelanjutan atau hasil akhir dari rekrutmen terhadap jabatan yang Anda lamar.

Saat follow-up, terapkanlah etika komunikasi yang baik dan sopan, serta pada waktu yang sesuai. Hal ini dapat memperlihatkan Anda adalah kandidat yang profesional dan dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan perekrut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement