Ahad 23 Apr 2023 08:45 WIB

Kisah Pria Tua yang Selamat dari Sergapan Dua Jin Anak Buah Nabi Sulaiman, Ini Sebabnya

Sedekah bisa menyelamatkan dari malapetaka yang mengintai seseorang

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Burung Merpati (ilustrasi).  Sedekah bisa menyelamatkan dari malapetaka yang mengintai seseorang
Foto: VOA
Burung Merpati (ilustrasi). Sedekah bisa menyelamatkan dari malapetaka yang mengintai seseorang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kisah yang mengajarkan tentang keutamaan sedekah. Karena gemar bederma, seorang pria selamat dari bahaya yang mengancam. Padahal, waktu itu dirinya pun mengalami kesulitan harta.

Lelaki yang dimaksud hidup pada zaman Nabi Sulaiman alaihissalam. Ia tinggal bersama istri dan anak-anaknya yang masih kecil. Di samping rumahnya, ada sebuah pohon besar dan rindang. Banyak burung yang hinggap dan bersarang di atas pohon rimbun tersebut.

Baca Juga

Dalam kitab Tanqihul Qaulil Hatsits karya Syekh Nawawi al-Bantani, disebutkan pada suatu hari, sang istri memintanya untuk memanjat pohon itu dan mengambil telur dari sarang burung merpati. Telur itu akan dijadikannya makanan bagi anak-anak mereka. Laki-laki itu pun lantas melakukannya. 

Tak lama kemudian, induk merpati kembali ke sarangnya. Betapa terkejutnya ia mendapati telur-telurnya telah raib. Burung tersebut lantas mencium aroma masakan dari arah dapur rumah sekitarnya. Akhirnya hewan itu menyadari, seseorang dari rumah tersebut telah mengambil telur-telurnya, bahkan memasaknya.