Senin 01 May 2023 15:47 WIB

Hari Buruh dan Surah at-Taubah 105, Apa Kaitannya?

Hari buruh dimaknai sebagai semangat buruh bekerja dan beribadah.

Red: Erdy Nasrul
Orasi peserta Pawai Budaya Kelas Pekerja untuk memperingati Hari Buruh di Titik Nol Yogyakarta, Senin (1/4/2023).  Aliansi serikat buruh di Yogyakarta menggelar long march atau pawai budaya dalam rangka Hari Buruh dari Tugu Pal Putih hingga Titik Nol Yogyakarta. Aksi diakhiri dengan orasi dari beberapa perwakilan buruh di Titik Nol Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Orasi peserta Pawai Budaya Kelas Pekerja untuk memperingati Hari Buruh di Titik Nol Yogyakarta, Senin (1/4/2023). Aliansi serikat buruh di Yogyakarta menggelar long march atau pawai budaya dalam rangka Hari Buruh dari Tugu Pal Putih hingga Titik Nol Yogyakarta. Aksi diakhiri dengan orasi dari beberapa perwakilan buruh di Titik Nol Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dunia hari ini diramaikan dengan semarak perayaan hari buruh. Para pekerja dari berbagai pabrik, kantor, dan kawasan, turun ke jalan. Mereka menyuarakan berbagai keluhan dan aspirasi untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja berbagai sektor.

Selain mengikuti berbagai narasi buruh yang turun ke jalan dan memperingatkan hari buruh dunia atau May Day, ada baiknya menghayati firman Allah Surah at-Taubah ayat 105 beserta tafsirnya berikut ini.

Baca Juga

وَقُلِ ٱعْمَلُوا۟ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُۥ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إإِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Wa quli'malụ fa sayarallāhu 'amalakum wa rasụluhụ wal-mu`minụn, wa saturaddụna ilā 'ālimil-gaibi wasy-syahādati fa yunabbi`ukum bimā kuntum ta'malụn