Selasa 23 May 2023 21:19 WIB

Ini Minuman yang Kelak akan Disuguhkan untuk Para Pemabuk di Neraka 

Para peminum khamar akan mendapatkan balasan setimpal di akhirat

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Miras. Para peminum khamar akan mendapatkan balasan setimpal di akhirat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Miras. Para peminum khamar akan mendapatkan balasan setimpal di akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagian orang mungkin pernah menemukan seseorang yang kecanduan meminum minuman yang memabukkan. Bir, ciyu, tuak, anggur olahan, dan segala istilah dan jenis minuman lain yang memabukkan. Bahkan terkadang para pemuda rela mengumpulkan uang untuk bisa meminumnya. 

Nabi Muhammad SAW telah memberikan peringatan kepada mereka yang meminum minuman yang memabukkan, atau bahkan mereka yang telah kecanduan.

Baca Juga

عن جابر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال أنَّ رَجُلًا قَدِمَ مِن جَيْشَانَ -وَجَيْشَانُ مِنَ اليَمَنِ- فَسَأَلَ النَّبيَّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ عن شَرَابٍ يَشْرَبُونَهُ بأَرْضِهِمْ مِنَ الذُّرَةِ، يُقَالُ له: المِزْرُ، فَقالَ النَّبيُّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: أَوَمُسْكِرٌ هُوَ؟ قالَ: نَعَمْ،عَمْ، قالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، إنَّ علَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ عَهْدًا لِمَن يَشْرَبُ المُسْكِسْكِرَ أَنْ يَسْقِيَهُ مِن طِينَةِ الخَبَالِ، قالوا: يا رَسولَ اللهِ، وَما طِينَةُ الخَبَالِ؟ قالَ: عَرَقُ أَهْلِ النَّارِ، أَوْ عُصَاارَةُ أَهْلِ النَّارِ.

Diriwayatkan dari Jabir RA, dia bercerita bahwa suatu kali seorang lelaki dari Jaisyan, sebuah negeri di wilayah Yaman, datang kepada Nabi SAW. Lalu lelaki tersebut bertanya tentang jenis minuman yang dibuat oleh orang di negerinya yang disebut 'mizr', yang terbuat dari jagung. Kemudian Nabi SAW bertanya, "Apakah minuman itu memabukkan?" Dia menjawab, "Iya, memabukkan."