Rabu 24 May 2023 19:12 WIB

Cina Latih ASN-nya Jaga Rahasia Negara

Fokus Cina semakin besar untuk melindungi keamanan nasional.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Bendera Cina.
Foto: ABC News
Bendera Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina membangun sebuah aplikasi dalam upaya meningkatkan pelatihan bagi pekerja di lembaga-lembaga pemerintah, universitas, dan perusahaan milik negara tentang cara menjaga rahasia negara. Hal ini semakin memperkuat kapasitas Beijing, yang berusaha terus meningkatkan aspek keamanan nasionalnya.

Sebuah aplikasi yang terkait Administrasi Nasional Perlindungan Rahasia Negara mulai menawarkan pelatihannya bulan ini. Pelatihan itu dimaksudkan membantu anggota Partai Komunis dan pegawai organisasi pemerintah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka tentang penyimpanan data rahasia, menurut sebuah posting di akun WeChat resmi aplikasi tersebut.

Baca Juga

Aplikasi Baomiguan - atau Views on Secret Keeping - menjalankan program ini dari bulan Mei hingga September, tulisnya dalam sebuah postingan tertanggal 4 Mei.

Pelatihan menjaga rahasia ini telah dipromosikan pemerintah dalam beberapa minggu terakhir, menurut wawancara dengan para pekerja dari tiga perusahaan milik negara. Pelatihan bersama ini juga melibatkan setidaknya delapan universitas dan enam lembaga pemerintah lokal, sebagai mana yang dilihat oleh Bloomberg News.