Kamis 01 Jun 2023 18:33 WIB

Dijanjikan Bicara Soal Anggaran Alutsista, Megawati Sebut Penglima TNI Tersenyum

Megawati mengaku Indonesia sebagai negara kepulauan butuh banyak KRI.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Megawati Soekarnoputri
Foto: Dok Republika
Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menantang Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk memperbanyak alat utama sistem persenjataan (alutsista) Angkatan Laut buatan anak negeri. Hal ini ia sampaikan saat peresmian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369, Kamis (1/6/2023).

Adapun KRI Bung Karno-369 dibangun oleh produsen pertahanan dalam negeri, yakni PT Karimun Anugrah Sejati. Proses pembangunannya dilakukan di Batam.

Baca Juga

“Tadi saya ngobrol sama Pak Yudo, 'Pak Yudo, kalau ini sudah bisa dibuat anak negeri sendiri kira-kira berapa lagi yang bisa dibuat?' Lalu, Pak Yudo diam. Terus saya bilang begini, kan, saya ketua umum partai, terus di sini ada Ketua DPR, ada yang namanya Pak Olly Dondokambey, jadi nanti bisa bicara dong urusan anggarannya,” kata Megawati di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Megawati mengungkapkan, ia melihat Panglima TNI tersenyum mendengar gagasannya. Dalam acara itu memang turut dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.