Rabu 07 Jun 2023 20:36 WIB

Kenali Darah Istihadhah

Darah istihadhah adalah darah yang keluar dari rahim wanita.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Kenali Darah Istihadhah. Foto:  menstruasi (Ilustrasi).
Kenali Darah Istihadhah. Foto: menstruasi (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Darah istihadhah adalah darah yang keluar dari rahim wanita bukan di masa haid dan nifas. Darah istihadhah ini disebut juga darah penyakit, karenanya Muslimah yang mengeluarkan darah istihadhah tetap diwajibkan untuk sholat dan puasa, serta dibolehkan membaca Alqur’an.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengeluarkan darah haid atau darah istihadhah, maka orang tersebut harus mengetahui perbedaan darah keduanya. 

Baca Juga

Darah haid umumnya berwarna merah kehitam-hitaman dan agak kental, pada saat keluar darah itu terasa panas, dan darah haid memiliki bau amis yang tajam.

Sedangkan darah isthadhah, pada saat keluar darah itu berwarna merah cenderung pucat, bertekstur encer, dan baunya seperti bau darah pada umumnya.

Darah istihadhah keluar tanpa ada jadwal tertentu. Namun seringkali wanita yang mengalami istikhadhoh adalah mereka yang sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu, misalnya kelelahan dan stres.

Disebut darah istihadhah jika seorang wanita mengeluarkan darah terus menerus selama lebih dari 15 hari, yang merupakan batas maksimal darah haid. Maka setelah 15 hari, wanita tersebut juga dihukumi mengeluarkan darah istihadhah dan wajib untuk sholat dan berpuasa.

Dikutip dari buku “Doa dan Amalan Istimewa ketika Datang Bulan” karya Himatu Mardiah Rosana menyebutkan ada tiga kondisi bagi seseorang disebut sedang mengeluarkan darah istihadhah:

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement