Sabtu 17 Jun 2023 22:48 WIB

Anthony Ginting Satu-satunya Wakil Indonesia di Final Indonesia Open 2023

Anthony Sinisuka Ginting mengalahkan Li Shifeng pada semifinal Indonesia Open 2023

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anthony Sinisuka Ginting menyelamatkan wajah Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan bulu tangkis Kapal Api Group Indonesia Open 2023. Ginting menjadi satu-satunya wakil Merah-Putih yang akan berlaga pada partai final kejuaraan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (18/6/2023).

Langkah Ginting ke laga puncak ditentukan lewat kemenangan pada partai semifinal Sabtu (17/6/2023) malam. Ginting mengalahkan tunggal putra Cina Li Shifeng dua gim langsung 21-17 dan 21-15. Pada final nanti, Ginting akan menantang unggulan pertama Viktor Axelsen, yang pada laga semifinal lebih awal mengalahkan Prannoy Haseena Sunil Kumar 21-15 dan 21-15.

Baca Juga

Ginting sempat kewalahan di awal gim pertama. Tiga poin awal berhasil direbut oleh Li. Namun, seiring dengan keberhasilan mendapatkan poin, Ginting mulai menemukan pola permainan yang tepat dan kepercayaan diri.

Peringkat dua dunia itu mampu memetik enam poin secara beruntun dan berbalik unggul atas Li. Ginting mampu melepaskan pukulan smash akurat, yang tidak mampu dikembalikan oleh Li. 

Setelah menutup interval  pertama dengan keunggulan lima angka, Ginting mampu merebut gim pertama dengan kemenangan, 21-17. Akurasi pukulan dan tekanan yang diberikan Ginting terbukti membuat Li kewalahan.

Di gim kedua,  Li melakukan perubahan strategi. Pebulutangkis berusia 23 tahun itu mencoba memperlambat tempo permainan. Hasilnya, Li mampu terus memimpin. 

Namun, Giniting masih bisa memberikan perlawanan dengan tetap mengandalkan kecepatan permainan dan akurasi pukulan. Pebulutangkis berusia 27 tahun itu mampu menyamakan kedudukan, 10-10. 

Di interval kedua, Ginting terus menjaga performa dan bisa berbalik unggul, 15-14. Li, yang menutup interval pertama gim kedua dengan keunggulan satu poin, malah balik tertekan. Juara All England 2023 itu kerap melakukan kesalahan sendiri. 

Pukulan smash keras membawa Ginting meraih gim poin. Akhirnya, pengembalian Li yang jatuh di bidang lapangan mengantarkan Ginting merebut gim kedua, 21-15.

Kemenangan ini disambut sukacita penonton di Istora. Presiden Joko Widodo yang hadir bersama istri Iriana Widodo menyaksikan langsung dari tribun VIP juga ikut berdiri memberikan applaus kepada Ginting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement