Senin 19 Jun 2023 13:15 WIB

Jalur Sapu Jagad PPDB Bantul Dibuka, Masalah NIK Masih Jadi Kendala Siswa

Khusus zona kapanewon, pendaftaran dan verifikasi dimulai 19-21 Juni 2023.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Posko PPDB online Bantul di depan kantor Dinas Dikpora.
Foto: Idealisa Masyrafina
Posko PPDB online Bantul di depan kantor Dinas Dikpora.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Bantul yang bertempat di depan Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kembali ramai didatangi oleh para calon siswa dan orangtua murid. Per hari ini, jalur terakhir PPDB yakni jalur kapanewon atau sapu jagad mulai dibuka.

Beberapa orangtua beserta calon siswa telah terlihat menunggu antrian di posko yang dibuka sejak pukul 08.00 WIB ini. Kebanyakan dari mereka membutuhkan bantuan untuk mengurus administrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada petugas Disdukcapil di posko tersebut.

Salah satunya adalah Khairunnisa, siswa SD Kotagede 1. Menurut ibunda dari Khairunnisa, mereka sengaja menunggu jalur kapanewon karena sekolah yang diincar oleh Khairunnisa masih satu kapanewon atau kecamatan yaitu SMPN 1 Banguntapan.

"Tapi karena sebelumnya SD nya di Kota Yogya, SD Kotagede 1, makanya sekarang daftar online tidak bisa. Makanya kami ke sini untuk minta bantuan," kata ibunda Khairunnisa kepada Republika, Senin (19/6/23).