Sabtu 24 Jun 2023 17:25 WIB

Usir Depresi di Tempat Kerja dengan 4 Cara Simpel Ini

Kesehatan otak dan kondisi mental seseorang memiliki hubungan berkesinambungan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Stres di temptat kerja (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bida dilakukan untuk menghindari stres di tempat kerja.
Foto: Mgrol101
Stres di temptat kerja (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bida dilakukan untuk menghindari stres di tempat kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuntutan untuk kerja serbacepat tak jarang menimbulkan depresi pada pekerja, mulai dari karyawan hingga pemilik bisnis. Mulai dari beban pekerjaan yang berlebihan, stres, hingga kurang mengenal passion diri sendiri dapat membuatmu jenuh dan depresi.

Tak hanya kesehatan mental, depresi juga dapat memengaruhi kesehatan fisik serta otak. Bila dibiarkan berkepanjangan, depresi juga dapat memicu beberapa masalah kesehatan mental lainnya.

Baca Juga

Untuk menyiasati kondisi ini, memanjakan diri atau self-reward kerap menjadi solusi cepat. Namun, memanjakan otak juga penting untuk dilakukan. Pasalnya, kesehatan otak dan kondisi mental seseorang memiliki hubungan yang saling berkesinambungan.

CEO Stress Management Indonesia, coach Pris, mengatakan stres tidak terelakkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, dengan tips yang tepat, pengenalan diri sendiri, dan cara holistik dan neurosains yang langsung menyasar ke otak, seseorang bisa "kebal" dari stres dan depresi, sekalipun dalam tekanan yang sangat besar dalam pekerjaan.