Selasa 27 Jun 2023 06:36 WIB

Tiga Parpol Disindir Megawati, Tapi Sebaran Dua Partai Justru Lebih Banyak ke Prabowo

Mayoritas pemilih PPP lebih banyak ke Prabowo meski DPP partai mendukung Ganjar.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
Foto: Dok. PDIP
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tiga partai politik mendapat sindiran dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri karena masih pikir-pikir untuk bergabung dengan koalisinya mendukung bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Ketiga parpol yang disindir Megawati saat puncak acara Bulan Bung Karno di Stadion GBK tersebut, yakni PKB, Golkar, dan PAN.

Dari tiga parpol yang disebut Megawati, hanya PKB yang basis suara pemilihnya mayoritas ke Ganjar Pranowo. Survei Populi Center pada 5-12 Juni 2023 menemukan, sebaran pemilih PKB didominasi mendukung Ganjar Pranowo sebesar 42,4 persen. Kemudian 27,2 persen untuk Prabowo Subianto dan 23,9 persen untuk Anies Baswedan.

Baca Juga

Sedangkan untuk suara pemilih Golkar lebih banyak ke Prabowo Subianto dengan 47,1 persen. Suara pemilih Golkar untuk Ganjar Pranowo hanya sebanyak 29,8 persen dan Anies Baswedan sebesar 17,4 persen.

Sementara PAN, pemilihnya mendominasi dukungan ke Prabowo dengan 40 persen. Di urutan kedua Anies Baswedan sebesar 37,5 persen dan Ganjar sebesar 22,5 persen.