Rabu 05 Jul 2023 12:50 WIB

Pahitnya Marquez, Jalani Titik Terendah di Tengah Kepungan Murid-Murid Valentino Rossi

Dulu, Marquez mengganggu Rossi, kini, ia harus menghadapi kepungan anak didik VR46.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Ducati Lenovo yang merupakan anak didik legenda Valentino Rossi, Francesco Bagnaia (kiri) adu cepat dengan rider Repsol Honda Marc Marquez di ajang MotoGP beberapa waktu lalu.
Foto: X07441
Pembalap Ducati Lenovo yang merupakan anak didik legenda Valentino Rossi, Francesco Bagnaia (kiri) adu cepat dengan rider Repsol Honda Marc Marquez di ajang MotoGP beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak perlu mencari siapa yang salah dalam insiden 'Sepang Clash' 2015 antara pembalap legenda Valentino Rossi dan Marc Marquez. Satu yang pasti, bekas luka yang mendera Rossi dan para penggemar setianya belum kunjung sembuh. 

Ketegangan antara pemilik nomor 46 dengan rider asal Spanyol, Marquez, masih menyisakan cerita. Bahkan, setelah Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP pada 2021 lalu.

Baca Juga

Marquez yang masih membalap di sirkuit balap hingga sekarang tetap mendapat perlakuan dingin dari sesama rider. Pasalnya, para pembalap yang turut membenci the Baby Alien merupakan atlet balap motor yang lahir dari 'rahim' akademi milik Rossi yaitu VR46.

Adalah Francesco Bagnaia, Luca Marini, Marco Bezzecchi, dan Franco Morbidelli yang merupakan pembalap MotoGP anak didik Rossi. Luca Marini dan Marco Bezzecchi hingga kini masih membalap bersama tim milik Rossi di MotoGP, Mooney VR46 Team Racing.

Sementara mantan Direktur LCR Honda, Oscar Haro, menilai Bezzecchi, dan Marini yang juga lulusan VR46 academy memikul asa untuk melanjutkan persaingan Rossi dan Marquez.

Hingga kini Marquez sendiri masih dianggap ancaman oleh pembalap lain. Meski the Baby Alien banyak terganggu oleh cedera dalam beberapa musim terakhir.

Grafik performa menurun Marquez sebenarnya sudah terjadi sejak MotoGP 2022. Pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu kali terakhir meraih kemenangan di MotoGP Emilia Romagna pada 24 Oktober 2021.

Menariknya kondisi Marquez saat ini banyak dikaitkan dengan insiden 'Sepang Clash' yang membuat Rossi kandas meraih titel ke-10 gelar balap dunia, 2015 silam. Bahkan tidak sedikit para penggemar the Doctor menyebut Marquez menelan karma atas 'dosanya' terhadap sang idola.

Banyak narasi di mana karier pembalap bintang langsung terjun bebas seusai mengalami cedera hebat, tapi tidak sedikit pula yang berhasil bangkit dan melakukan comeback luar biasa seperti Jorge Lorenzo pada 2013 dan Rossi musim 2010.

Rossi memiliki banyak loyalis berkat aksi dan karismanya ketika berada di lintasan MotoGP. Bahkan, persoalan kebencian the Doctor terhadap Marquez seolah terwariskan hingga ke lingkungan tim Mooney dengan rider Marco Bezzecchi.

Bagnaia yang membela panji Ducati Lenovo bahkan pernah secara langsung menunjukkan ketidaksukaan kepada Marquez. Itu terjadi pada kualifikasi MotoGP Italia awal bulan lalu. Bagnaia tampak melakukan protes atas aksi nyeleneh Marquez. 

Keduanya saling berpapasan di tikungan pertama... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement