Kamis 06 Jul 2023 12:36 WIB

Fakta Tentang Teknik Legendaris Leg Wave Valentino Rossi yang Buat Jutaan Mata Terperangah

Leg wave ini banyak ditiru tapi tak ada yang bisa sehebat Valentino Rossi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda balapan motor dunia, Valentino Rossi mempraktikkan teknik leg wave ketika hendak memasuki tikungan dalam sebuah balapan MotoGP.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Legenda balapan motor dunia, Valentino Rossi mempraktikkan teknik leg wave ketika hendak memasuki tikungan dalam sebuah balapan MotoGP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pembalap motor dunia Mark McVeigh punya kalimat kondang bahwasanya 'Menelikung adalah seni dalam menjaga keseimbangan'. Itu mengacu pada keahlian seorang pembalap motor.

Dalam catatan 'Why do Racers Dangle Their Leg?'. McVeigh menyebut, saat mengebut di tikungan dengan kecepatan tinggi, seorang pembalap akan mencoba untuk menyeimbangkan aksi menikung dengan kekuatan gravitasi.

Baca Juga

Praktis, Leg Wave atau menjuntaikan kaki sebelum menelikung adalah evolusi baru yang hadir dalam perjalanan panjang balap motor kelas dunia MotoGP.

"Dangle atau Leg Wave sendiri berbicara terkait efektifitas fisik dan psikologis pembalap," demikian pernyataan McVeigh, tulis dia seperti dikutip pada Kamis (6/7/2023). 

MotoGP sudah melalui perjalanan panjang mulai dari pustaka 'Knee Down' yang diciptakan pertama kali oleh rider Finlandia, Jarno Saarinen dan dipopulerkan King Kenny, Kenny Roberts Sr.

Fenomena Leg Wave atau Dangle sementara lahir dari aksi Valentino Rossi ketika berlomba dengan Sete Gibernau pada ajang balap MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 2005 silam.

Rossi menunjukkan aksinya di tikungan lap terakhir. Ia membuat jutaan pasang mata pecinta balap motor kelas wahid terperangah.

@ Mengenal Teknik Andalan Marc Marquez Late Breaking yang Kini Justru Membawanya ke Jurang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement