Jumat 07 Jul 2023 19:03 WIB

Undip Masih Buka Kesempatan Melalui Ujian Mandiri S1 Kemitraan  

Sebanyak 4.347 peserta lolos ujian mMandiri S1 Undip.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Fasad Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, berdiri di atas lahan seluas 4.900 meter persegi. Dilengkapi dengan panel surya yang menjadikan gedung tersebut sebagai green building.
Foto: dok astra
Fasad Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, berdiri di atas lahan seluas 4.900 meter persegi. Dilengkapi dengan panel surya yang menjadikan gedung tersebut sebagai green building.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) Semarang telah mengumumkan peserta ujian mandiri (UM) S1 pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Undip tahun 2023. Sebanyak 4.347 peserta dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa baru.

Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip, Paramita Prananingtyas mengungkapkan, ujian mandiri S1 Undip ini diikuti sebanyak 26.494 peserta.

Baca Juga

Dari jumlah ini, sebanyak 4.347 peserta dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa baru Undip. Hal ini menunjukkan besarnya animo lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan studi atau dapat  kuliah di Undip.

Mereka tidak hanya berasal dari provinsi Jawa Tengah, namun banyak juga peminat yang berasal dari luar provinsi bahkan juga dari luar negeri. Berdasarkan data jumlah pendaftar yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, masih didominasi oleh pendaftar dari Jawa Tengah.

Beikutnya disusul provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, DIY, serta Sumatera Utara. "Selebihnya tersebar merata di provinsi lain di wilayah Indonesia dan juga pendaftar dari luar negeri," jelasnya, di Semarang, Jumat (7/7).

Paramita juga menyampaikan, bagi peserta yang belum lolos UM S1 Undip, masih memiliki kesempatan dengan mendaftar melalui UM S1 Kemitraan.

UM S1 Kemitraan adalah seleksi secara mandiri yang dilakukan dengan masyarakat perorangan yang bersedia bekerja sama untuk pengembangan Undip. Penilaiannya dilakukan dengan metode tes tertulis dan makalah wawasan kebangsaan.

UM S1 Kemitraan telah dibuka mulai 5 Juli 2023, dengan jadwal pelaksanaan pendaftaran Secara online pada 5-18 Juli 2023, berikut pembayaran.

Pengunggahan berkas makalah dilakanakan pada 23-24 Juli 2023, pelaksanaan Ujian Online pada 25-27 Juli 2023 dan pengumuman hasil selksi akan dilaksanakan pada 31 Juli 2023.

"Informasi lengkap seputar pendaftaran UM S1 Kemitraan juga dapat diakses melalui link https://pmb.undip.ac.id/pendaftaran-undip/," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement