Selasa 11 Jul 2023 10:35 WIB

Pemkot Revitalisasi Jalur Pedestrian di Bogor Selatan

Pemkot akan melakukan revitalisasi jalur pedestrian di Bogor Selatan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah membangun jalur pedestrian dan jalur sepeda. Pemkot akan melakukan revitalisasi jalur pedestrian di Bogor Selatan.
Foto: istimewa
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah membangun jalur pedestrian dan jalur sepeda. Pemkot akan melakukan revitalisasi jalur pedestrian di Bogor Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan melakukan revitalisasi jalur pedestrian di Jalan Lawang Gintung hingga Jalan MV Sidik, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Rencana pembangunan jalur pedestrian ini sejalan dengan rencana kawasan Batutulis dan sekitarnya.

“Jadi ini sejalan dengan rencana pembangunan Bumi Ageung, tentu kita juga ingin sekali menata area di sekitarnya. Antara lain yang berhubungan adalah pedestrian dan taman, sepanjang dari Lawang Gintung sampai area Batutulis,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Senin (10/7/2023).

Baca Juga

Dedie menjelaskan, rencana pembangunan jalur pedestrian ini akan masuk pada tahap pembuatan Detail Engineering Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Selanjutnya desain tersebut nantinya akan diajukan kepada Provinsi Jawa Barat.

“Jadi Insya Allah tahun ini juga akan ada penataan pedestrian dan juga taman atau jalur hijau, juga drainase. Mungkin akan dilaksanakan satu dua bulan ini, sambil kita terus melengkapi dengan desain dan kelengkapan administrasinya,” kata Dedie.

Lebih lanjut, Dedie menyebutkan, dari usulan tersebut Pemkot Bogor mengusulkan pembangunan jembatan sepanjang 500 meter dari Lawang Gintung hingga MV Sidik, dan 500 meter dari arah sebaliknya. Ia berharap proses ini segera ditempuh oleh Dinas Penataan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor dan langsung ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sambil menunggu proses tersebut, menurut Dedie, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor juga akan mulai mengecek pepohonan di sekitar lokasi yang mulai keropos. Termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan pedagang kaki lima yang berjualan di atas trotoar.

“Iya tadi ada yang sudah lapuk pohon-pohonnya, sudah tua. Nah, itu Disperumkim harus mengecek kembali kalau kondisinya mengurangi tingkat keamanan, harus segera dilakukan intervensi atau treatment dan lainnya,” ujar Dedie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement