Selasa 11 Jul 2023 17:37 WIB

Menlu Cina Batal ke Jakarta, Menlu AS Siap Bahas Isu Laut Cina Selatan dengan ASEAN

Menlu Cina batal menghadiri pertemuan ASEAN di Jakarta karena alasan kesehatan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang (kanan) di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, China, Ahad (18/6/2023).
Foto: Leah Millis/Pool Photo via AP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang (kanan) di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, China, Ahad (18/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina Qin Gang batal menghadiri ASEAN Foreign Ministers Meeting (AMM) ke-56 yang digelar di Jakarta pekan ini. Isu kesehatan menjadi alasan di balik batalnya partisipasi Qin dalam AMM.

“Penasihat Negara dan Menlu Qin Gang tidak dapat menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN ini karena alasan kesehatan,” ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina Wang Wenbin, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

Wang tak memberi penjelasan mendetail tentang isu kesehatan yang dialami Qin hingga dia tak bisa menghadiri AMM ke-56 di Jakarta. Wang hanya menyebut bahwa partisipasi Qin Gang di AMM akan digantikan oleh Direktur Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis Cina Wang Yi.

Sebelumnya Wang Yi diketahui menjabat sebagai menlu Cina. Posisinya sebagai menlu digantikan oleh Qin Gang pada Desember tahun lalu. Qin diagendakan menggelar pertemuan dengan para menlu ASEAN di sela-sela perhelatan AMM ke-56 pada Kamis (13/7/2023) mendatang. Pertemuan tersebut penting karena saat ini ASEAN sedang berusaha mempercepat pembahasan kode etik atau Code of Conduct (CoC) di Laut Cina Selatan.