Senin 17 Jul 2023 08:16 WIB

Persembahan Billie Eilish untuk Barbie

Eilish menggarap lagu di studio rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Musisi Billie Eilish menggarap lagu berjudul
Foto: AP/Vianney Le Caer/Invision
Musisi Billie Eilish menggarap lagu berjudul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Billie Eilish menggarap lagu berjudul "What Was I Made For?" untuk film Barbie versi live action yang tayang pekan ini di bioskop. Lirik lagu yang dibuat Eilish bersama sang kakak, Finneas, itu sangat filosofis, tentang jati diri dan eksistensi.

Bersama Finneas yang juga jadi produser, Eilish menggarap lagu di studio rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat. Dikutip dari laman Mxdwn.com, Senin (17/7/2023), lagu tersebut akan menjadi latar untuk adegan-adegan penting sepanjang film mendatang.

Baca Juga

Lagu mencerminkan konflik batin Barbie, yang mempertanyakan untuk apa dirinya dibuat. Penggalan lirik menyebut bahwa sosok Barbie dibuat seideal mungkin, terlihat sangat hidup, tapi sebenarnya tidak nyata dan hanya sesuatu yang dibayar.

Dalam video musiknya, Eilish mengenakan gaun kuning dengan rambut pirang yang ditata seperti Barbie. Dia duduk di sebuah kursi, menghadap meja di mana ada sebuah kotak berisi sejumlah pakaian Barbie. Eilish pun terlihat memainkan dan menata pakaian-pakaian itu.

Saat Eilish sedang sibuk menyortir pakaian boneka, sebuah guncangan menyebabkan semua pakaian jatuh dari meja. Dia juga menghadapi hujan dan angin. Eilish berhasil menyelamatkan semuanya, tetapi segalanya menjadi berantakan, lalu Eilish membawa kotak itu pergi bersamanya.

Sepanjang lagu, Eilish seolah merenungkan pertanyaan filosofis yang sama soal identitas dan keberadaannya. Ada kesan bahwa Eilish merasa seolah-olah dia dipandang sebagai komoditas belaka melalui musik yang dia hasilkan, sementara sisi kemanusiaannya diabaikan.

Video musik itu disutradarai sendiri oleh Eilish, sudah tayang perdana di MTV Live, MTVU, MTV Biggest Pop, dan di papan reklame Paramount Times Square. Saat membuat lagu dengan kredit Darkroom/Interscope Records itu beserta video musik, Eilish membagikan apa yang dia rasa kepada para penggemar. "Untuk menjadi nyata dengan Anda, semua ini sepertinya terjadi pada saat saya benar-benar membutuhkannya. Saya sangat berterima kasih untuk itu," ungkap Eilish.

Film Barbie ditulis dan disutradarai oleh sineas Greta Gerwig, yang juga sukses menggarap film Lady Bird dan Little Women. Barbie dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai Barbie dan Ken, didistribusikan oleh Warner Bros Pictures.

Terdapat total 17 lagu yang akan menjadi soundtrack film Barbie. Selain Eilish, para musisi lain yang terlibat yakni Dua Lipa ("Dance the Night"), Lizzo ("Pink"), Sam Smith ("Man I Am"), kolaborasi Nicki Minaj, Ice Spice, dan Aqua di lagu "Barbie World", dan masih banyak lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement