Kamis 20 Jul 2023 16:24 WIB

AHY Nilai Demokrasi Indonesia Mengalami Kemunduran

Ia mengusulkan gagasan jalur politik jalan tengah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Agus Harimurti Yudhoyono
Foto: Humas UGM
Agus Harimurti Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, atau akrab disapa dengan nama AHY diundang menjadi pembicara dalam talkshow Fisipol Leadership Forum yang bertajuk Mampukah Kita Selamatkan Demokrasi di Indonesia, Kamis (20/7/2023) di ruang Auditorium Mandiri Fisipol UGM.

Di hadapan tiga panelis yang terdiri dari dosen dan mahasiswa UGM yang dihadiri para civitas academica, AHY menegaskan pesta demokrasi pemilu 2024 akan berlangsung kurang dari tujuh bulan lagi menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi menjadi lebih baik.

"Kita harapkan demokrasi kita semakin baik, karena demokrasi sebuah perjalanan panjang sebagai sebuah bangsa untuk meuwjukan Indoensai semakin maju dan sejahtera," kata AHY.

Meski demikian dalam dalam satu dekade ini, AHY menyampaikan beberapa data laporan mengenai penurunan kualitas demokrasi di Indonesia dengan menurunnya peringkat  indeks persepsi korupsi, maraknya politik uang dan polarisasi di masyarakat dalam menanggapi perbedaan pilihan atas calon pemimpin.