Rabu 02 Aug 2023 14:37 WIB

Kaspersky Gagalkan Tujuh Juta Ancaman Daring Targetkan Pengguna Indonesia

Pengguna internet harus membangun pertahanan keamanan siber.

Red: Fuji Pratiwi
Kaspersky
Foto: commons.wikimedia.org
Kaspersky

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Data terkini dari perusahaan keamanan dunia maya global, Kaspersky, mencatat, mereka telah menggagalkan lebih dari tujuh juta ancaman daring yang menargetkan pengguna di Indonesia selama kuartal kedua 2023.

Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 30 persen dari jumlah upaya serangan siber pada pengguna internet Indonesia dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Menurut laporan Kaspersky, Selasa (1/8/2023) sebanyak 7.729.320 deteksi ancaman online berhasil diblokir selama periode April hingga Juni 2023.

Baca Juga

Namun, angka ini sedikit meningkat (satu persen) dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (Januari hingga Maret 2023) dengan 7.651.841 deteksi.

Selama kuartal kedua 2023, 21,7 persen pengguna internet di Indonesia menjadi sasaran ancaman daring. Angka ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-96 dunia dalam hal bahaya yang terkait dengan penjelajahan web.

Data statistik Kaspersky juga mengungkapkan, penggunaan statistik infeksi lokal untuk komputer pengguna menjadi indikator penting dalam mengukur serangan siber. Cacing (worms) dan virus file menjadi pemicu sebagian besar insiden serangan malware melalui drive USB, CD, DVD, dan metode offline lainnya.

Dalam periode April hingga Juni 2023, sebanyak 28,3 persen pengguna di Indonesia menjadi sasaran ancaman lokal. Produk Kaspersky mendeteksi sebanyak 13.015.667 insiden lokal pada komputer partisipan KSN di Indonesia, yang menempatkan Indonesia di posisi ke-66 secara global.

Meskipun terjadi penurunan ancaman online dan lokal domestik, Kaspersky mengingatkan bahwa jumlah pendeteksian masih relatif tinggi. Mengingat populasi Indonesia yang besar dan penetrasi internetnya yang tinggi, data dan informasi sensitif menjadi sasaran menarik bagi para penjahat siber.

Oleh karena itu, perusahaan dan individu disarankan untuk meningkatkan pertahanan keamanan siber dan mematuhi langkah-langkah pencegahan seperti memeriksa setiap tautan dengan cermat sebelum mengunjungi situs, tidak percaya email dari pengirim yang tidak dikenal, dan menggunakan jaringan yang aman saat mengunjungi laman sensitif. "Kami mendesak semua pengguna - baik perusahaan maupun individu mengambil langkah membangun pertahanan keamanan siber seiring banyaknya data dan aset pribadi mereka yang dilibatkan dalam seluruh aktivitas digital," kata General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky Yeo Siang Tiong.

Kaspersky juga merekomendasikan pengguna untuk menjalankan sistem dengan program anti-malware terbaru dan berkualitas, seperti Kaspersky Premium, yang dapat membantu menyelesaikan sebagian besar masalah secara otomatis dan memberikan peringatan jika ada ancaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement