Jumat 04 Aug 2023 01:00 WIB

Proses Panjang yang Dilalui Valentino Rossi Sebelum Putuskan Pensiun dari MotoGP

Beberapa tahun sebelum memutuskan pensiun, Rossi banyak diskusi dengan pelatihnya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Valentino Rossi melakukan selebrasi seusai memenangi seri balapan MotoGP di Sirkuit Assen, Beland pada musim 2017 silam.
Foto: EPA/BAS CZERWINSKI
Valentino Rossi melakukan selebrasi seusai memenangi seri balapan MotoGP di Sirkuit Assen, Beland pada musim 2017 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum banyak yang terungkap bagaimana proses Valentino Rossi hingga akhirnya resmi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada 2021. Sebelum mengumumkan secara resmi, Rossi memang sudah memberitahu akan segera pensiun.

The Doctor mengungkapkan beberapa tahun terakhir sebelum mengambil keputusan penting itu, ia banyak berdiskusi dengan pelatihnya. Diskusi tersebut tentang bagaimana perjuangan beratnya pada akhir kariernya.

Baca Juga

“Kami berkata,'Kamu harus balapan sampai kamu benar-benar tidak tahan lagi, jadi kamu tidak menyesal setelahnya'. Ada banyak pembalap yang berhenti terlalu cepat. Tapi mereka tidak bisa menjauh. Mereka kembali dan mengacaukan segalanya," ungkap Rossi, dilansir dari Crash, Kamis (3/8/2023).

Rossi merupakan juara dunia MotoGP tujuh kali. Ketika pensiun, Rossi berusia 42 tahun. Ia tampak kesulitan memacu motornya menjadi yang tercepat pada akhir kariernya. Tampak faktor usia tak bisa dibohongi.

Hingga akhirnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement