Selasa 08 Aug 2023 16:11 WIB

Wujudkan Masyarakat Sehat, Orang Muda Ganjar Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa kesehatan dan tenaga kesehatan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Sejumlah warga Nusa Tenggara Barat (NTB) tampak antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.
Foto: Dok. Web
Sejumlah warga Nusa Tenggara Barat (NTB) tampak antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH --  Sejumlah warga Nusa Tenggara Barat (NTB) tampak antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dari kelompok relawan Orang Muda Ganjar (OMG). Agenda bakti sosial ini dirancang sebagai upaya mewujudkan masyarakat sehat melalui skrining penyakit tidak menular (PTM) di antaranya kadar gula darah, tekanan darah, asam urat, dan kolesterol.

Lokasi kegiatan tersebut berada di Dusun Jembe, Desa Saba, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Sejak pagi puluhan orang tua hingga lansia yang mayoritas penduduknya petani itu berdatangan untuk memeriksakan kondisi kesehatan.

Baca Juga

"Kenapa kami pilih di sini juga karena memang hasil dari komunikasi dengan teman-teman ternyata di sini memang membutuhkan untuk medical check up," ucap Koordinator Wilayah OMG NTB, Ainun Samidah seperti dinukil pada Selasa (8/8/2023). 

Ainun mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan mahasiswa kesehatan dan tenaga kesehatan. Di sisi lain, masyarakat juga diberikan obat-obatan dan vitamin secara cuma-cuma.

Kesehatan tubuh adalah suatu hal yang penting untuk dijaga karena tubuh adalah modal utama menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk itu, dia berpesan kepada masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga makanan yang dikonsumsi setiap harinya

"Kesehatan adalah rezeki tertinggi kita sebagai manusia. Harapan kami setelah kegiatan ini masyarakat bisa hidup lebih sehat dan bisa menerapkan pola hidup sehat dan pun masyarakat bisa lebih sadar akan kesehatannya sendiri," kata dia.

Kegiatan ini, lanjut Ainun, terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo yang selalu mengkampanyekan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Salah seorang masyarakat, Zaenal Abidin (60 tahun) mengaku kegiatan pemeriksaan kesehatan ini memiliki banyak manfaat yang dirasakan masyarakat setempat.

Dia berharap OMG NTB dapat melaksanakan kegiatan serupa secara berkala demi menjaga kesehatan masyarakat melalui deteksi dini.

"Alhamdulillah saya senang dan baru saya tau bahwa saya kolesterol. Nah saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga terhadap kegiatan ini sebagai masyarakat di sini. Terima kasih kepada Orang Muda Ganjar yang telah melakukan kegiatan ini," kata dia.

Sebelumnya, OMG Sumatra Barat juga menggelar cek kesehatan gratis kepada masyarakat di Kelurahan Batang Arau Kota Padang. 

Korwil OMG Sumbar Muhammad Fajri di Padang,Senin mengatakan pihaknya terus memperluas jangkauan wilayah dan OMG hadir di wilayah Sumbar. 

Menurut dia ada kekurangan dalam upaya perawatan kesehatan di lingkungan nelayan dan pihaknya hadir di wilayah tersebut.

 "OMG mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis untuk masyarakat, terutama kelompok nelayan di Kota Padang," kata dia, demikian dilansir dari Antara

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement