Selasa 08 Aug 2023 16:46 WIB

Kadishub Jelaskan Mengapa Bus Transjakarta Rute PIK-Soetta Belum Uji Coba

Pemprov DKI akan membuka layanan Transjakarta rute Pantai Indah Kapuk-Bandara.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo.
Foto: Antara
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta belum bisa memulai uji coba bus Transjakarta rute Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Barat menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Provinsi Banten. Hal itu lantaran petugas Dishub DKI masih fokus dengan uji coba bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soetta.

"Belum uji coba untuk bus Transjakarta rute PIK dan Bandara Soetta. Tentu kita fokus dulu ke yang sekarang Kalideres-Bandara Soetta," kata Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Selasa (8/8/2023).

Syafrin menjelaskan, petugas di lapangan rutin melakukan evaluasi terhadap bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta. Meski sudah berlangsung sebulan lebih, kata dia, uji coba terus diperpanjang untuk menghasilkan keputusan bagus sebagai bahan evaluasi, termasuk penetapan tarif.

Adapun semasa uji coba, penumpang digratiskan selama naik bus Transjakarta. "Iya, tentunya kan kita selalu melakukan evaluasi. Evaluasi mingguan dilakukan. Begitu ada kebutuhan untuk perbaikan layanan, berdasarkan hasil evaluasi, tentu akan lakukan penyesuaian," kata Syafrin.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dishub DKI akan melakukan uji coba bus Transjakarta rute PIK-Bandara Soetta. Rencana tersebut semula dimulai pada akhir Juli 2023. Namun, hingga awal Agustus ini, uji coba belum terealisasi.

"Rute selain terminal Kalideres, PIK juga kita harapkan bulan ini, paling lambat akhir bulan ini kita uji coba kan?" kata Syafrin saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement