Kamis 10 Aug 2023 16:57 WIB

Daftarkan ke E-Katalog, GATe UGM Diharapkan Mudah Dipesan Lembaga Pemerintah

GATe khusus dipergunakan di area bandara.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fuji Pratiwi
Teknisi mencoba kendaraan listrik Gadjahmada Airport Transpoter Electric (GATe) autonomous saat peresmian GATe pada e-Katalog di Yogyakarta, Kamis (10/8/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Teknisi mencoba kendaraan listrik Gadjahmada Airport Transpoter Electric (GATe) autonomous saat peresmian GATe pada e-Katalog di Yogyakarta, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan kendaraan listrik khusus yang dipergunakan pada area bandara. Kendaraan ini diberi nama GATe atau Gadjahmada Airport Transporter Electric.

Hari ini UGM meresmikan produk GATe  untuk masuk pada e-katalog. E-katalog atau Katalog Elektronik (E-Catalogue) adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis, dan harga barang/jasa tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah.

Baca Juga

"Dengan masuknya produk GATe pada e-katalog maka bagi konsumen seperti lembaga-lembaga pemerintah akan bisa memesan dan membeli produk ini dengan mudah. Peresmian produk ini dilakukan oleh Rektor UGM serta direktur LPDP," kata Ketua Pengembang GATe, Muh Arif Wibisono, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/8/2023).

Arif menjelaskan, kendaraan GATe mempunyai kapasitas mengangkut sebanyak lima penumpang dan satu sopir dengan kecepatan maksimal 25 km/jam. Kendaraan ini berbasis listrik dengan energi yang tersimpan pada baterai, dengan motor penggerak sebesar 4 KW. Kemampuan jelajah GATe sekitar 50 km dan bisa diperpanjang dengan spesifikasi baterai yang lebih tinggi.