Selasa 15 Aug 2023 00:45 WIB

PDIP Percaya Diri dengan Koalisinya, Becermin pada Pilpres 2014

Jagoan PDIP kalahkan Prabowo saat pilpres 2014.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Politikus PDIP, Ahmad Basarah
Foto: Republika
Politikus PDIP, Ahmad Basarah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah, mengucapkan selamat atas terbentuknya koalisi pengusung Prabowo Subianto yang terdiri atas empat partai politik parlemen.

Kendati kerja sama politiknya terdiri atas Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo), ia yakin Ganjar Pranowo akan memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga

Ia pun berkaca pada Pilpres 2014, saat pasangan Joko Widodo-Muhammad Jusuf Kalla hanya didukung empat partai politik, yakni PDIP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Namun, pasangan tersebut menang dari Prabowo yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PPP, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

"Jadi bagi PDI Perjuangan hal-hal yang biasa yang kita hadapi, kita biasa bekerja bersama-sama, tapi kita juga biasa bekerja dengan teman yang tidak begitu banyak toh. Akhirnya ketika kita menang, pada waktu itu akhirnya teman-teman itu juga datang kepada kami untuk bekerja sama," ujar Basarah di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Berdasarkan hasil pemilihan umum (Pemilu) 2019, PDIP mengantongi suara nasional sebanyak 19,33 persen. Sedangkan rekan di koalisinya, PPP (4,52 persen), Partai Hanura (1,54 persen), dan Partai Perindo (2,07 persen). Total suara koalisi pengusung Ganjar sebesar 27,46 persen.

Sedangkan pengusung Prabowo, Partai Gerindra (12,57 persen), Partai Golkar (12,31 persen), PKB (9,69 persen), dan PAN (6,84 persen). Serta satu partai politik di luar parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB) sebesar 0,79 persen. Total suara dari koalisi Prabowo sebesar 42,2 persen.

Sekali lagi, ia mengucapkan selamat atas terbentuknya koalisi pengusung Prabowo. Ia mendoakan agar koalisi tersebut berlanjut hingga pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Oktober mendatang.

"Jadi PDI Perjuangan welcome dan mengucapkan selamat mudah-mudahan kerja sama politik itu akan berlanjut sampai dengan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum pada batas akhir masa pendaftaran presiden nanti," ujar Basarah.

Prabowo sendiri mengaku terharu telah mendapatkan dukungan dari PKB, Partai Golkar, dan PAN. Apalagi deklarasi keempat partai politik hari ini bertepatan dengan setahun terbentuknya Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Menurutnya, PKB, Partai Golkar, dan PAN merupakan partai politik besar yang memiliki sejarahnya masing-masing. Ia pun bertekad tak mengecewakan kehormatan yang mereka berikan kepadanya.

"Ini sungguh suatu kehormatan bagi saya, yang juga membuat saya bertekad untuk tidak mengecewakan harapan partai-partai ini dan terutama harapan rakyat Indonesia semuanya," ujar Prabowo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Ahad (13/8/2024).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement