Rabu 02 Oct 2024 21:39 WIB

Seluruh Fraksi Partai Politik Sepakat, Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR 

Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani terpilih jadi ketua MPR RI periode 2024-2029.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah mengumumkan Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR RI periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).
Foto: Republika.co.id/Bayu Adji P
Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah mengumumkan Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR RI periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani terpilih menjadi ketua MPR RI periode 2024-2029. Keputusan itu diambil setelah dilakukan rapat gabungan pimpinan MPR RI pada Rabu (2/10/2024) malam WIB,

Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan musyawarah yang dilakukan dalam rapat tersebut. Menurut dia, seluruh fraksi partai politik dan kelompok DPD sepakat memilih kader Partai Gerindra menjadi calon ketua MPR RI.

Baca Juga

"Pada malam hari ini, tanggal 2 Oktober 2024, rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi MPR dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat, bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra," kata Basarah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu malam.

Basarh menyebutkan, calon pimpinan yang diusulkan Fraksi Partai Gerindra tak lain adalah Ahmad Muzani. Artinya, Muzani akan ditetapkan menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029 dalam sidang paripurna MPR yang akan digelar pada Kamis (3/10/2024).

"Namanya adalah, sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak Haji Ahmad Muzani," kata Basarah.

Dia mengatakan, Muzani akan memimpin MPR RI dalam lima tahun ke depan bersama delapan wakil ketua, yang berasal dari setiap fraksi partai politik dan kelompok DPD. Namun, Basarah belum mau menyebutkan nama wakil ketua MPR yang akan mendampingi Muzani.

Menurut dia, tujuh nama lain calon wakil ketua MPR RI sudah ada di tangan masing-masing fraksi partai politik. Hanya nama calon wakil ketua MPR RI dari unsur kelompok DPD yang masih dalam pembahasan. 

"Yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI, yang mereka masih rapat pada malam hari ini untuk menentukannya," kata Basarah.

Dengan adanya kepastian itu, sidang paripurna MPR RI pada Kamis pagi WIB, hanya tinggal melakukan penetapan pimpinan. Pasalnya, nama-nama pimpinan MPR RI sudah disepakati oleh masing-masing fraksi partai politik. 

"Dengan demikian, rapat paripurna MPR tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok, tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, yang dipimpin oleh Haji Ahmad Muzani didampingi delapan wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD yang akan ditetapkan besok," kata Basarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement