Kamis 17 Aug 2023 22:19 WIB

Sholat di Lorong Pesawat Bisa Ganggu Penumpang Lain, Harusnya Seperti Apa?

Ketahui tata cara wudhu dan sholat saat menempuh perjalanan dengan pesawat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Muhammad Ali Arif (55 tahun) tampak sholat di pesawat Malaysia Airlines.
Foto: Dok Twitter/Sakshi Arora
Aktor Muhammad Ali Arif (55 tahun) tampak sholat di pesawat Malaysia Airlines.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika bepergian dengan pesawat, ada kalanya penerbangan membuat Muslim tak punya pilihan selain sholat di dalam kabin. Jika itu terjadi, apakah Muslim dapat tayamum dan sholat di lorong pesawat?

Seorang Muslim berkewarganegaran ganda, Pakistan-Australia, bernama Muhammad Ali Arif (55 tahun) menjadi viral di media sosial dengan video yang memperlihatkannya sedang sholat di lorong pesawat Malaysia Airlines rute Sydney-Malaysia. Seorang warganet bernama Saad Kaiser mengkritik tindakan Arif di media sosial X (Twitter) karena menganggapnya mengganggu penumpang lain dengan perilaku yang tidak pantas.

Baca Juga

"Bandara Sydney. Islam selalu memudahkan Muslim untuk sholat saat bepergian (sholat sambil duduk), sedangkan paman ini justru mempersulit Muslim lainnya," tulis Kaiser.

Kementerian Agama RI telah merilis panduan tata cara tayamum menggunakan debu sebagai panduan sholat di pesawat. Panduan ini dapat ditemukan dalam buku Tuntunan Manasik Haji di Masa Pandemi yang memberikan penjelasan tentang tata cara tayamum di pesawat.