Senin 21 Aug 2023 19:44 WIB

Survei Litbang Kompas: Prabowo Menang Tipis Jika Head to Head dengan Ganjar di Pilpres

Berdasarkan survei, Prabowo menang head to head melawan Ganjar atau Anies.

Rep: Wahyu Suryana, Nawir Arsyad Akbar, Antara/ Red: Andri Saubani
Prabowo Subianto ikut meriahkan perayaan HUT ke-78 RI di ibu kota AS. Prabowo unggul head to head atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam simulasi survei pilpres. (ilustrasi)
Foto: VOA
Prabowo Subianto ikut meriahkan perayaan HUT ke-78 RI di ibu kota AS. Prabowo unggul head to head atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam simulasi survei pilpres. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Litbang Kompas kembali merilis survei elektabilitas para bakal calon presiden (capres) yang berpeluang maju di Pilpres 2024. Dalam survei kali ini, Prabowo Subianto menang tipis dari Ganjar Pranowo jika keduanya head to head di Pilpres 2024.

Prabowo yang merupakan capres dari Partai Gerindra itu meraih angka 52,9 persen. Raihan itu cuma berselisih 5,8 persen dari Ganjar yang merupakan capres dari PDI Perjuangan yang kali ini meraih angka 47,1 persen.

Baca Juga

Survei kali ini dilakukan untuk periode 27 Juli-7 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.364 responden. Survei dilakukan dengan metode tatap muka di 38 provinsi di 331 desa/kelurahan dengan margin of error 2,65 persen.

Angka ini melebar jika dibandingkan survei sebelumnya dengan jarak 2,2 persen. Saat itu, Prabowo yang merupakan capres Gerindra meraih 51,1 persen dan Ganjar yang merupakan capres dari PDIP meraih 48,9 persen.

Kemenangan turut didapat Prabowo jika head to head melawan Anies Rasyid Baswedan yang merupakan capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Prabowo mampu meraih 65,2 persen, sedangkan Anies meraih 34,8 persen.

Jarak Prabowo dan Anies mencapai 30,4 persen dan semakin melebar jika dibandingkan jarak elektabilitas mereka sebelumnya 24 persen. Hasil serupa didapatkan ketika Ganjar dicoba head to head dengan Anies.

Ganjar Pranowo mampu meraih 60,1 persen, sedangkan Anies Baswedan meraih 39,9 atau berjarak sekitar 20,2 persen. Raihan elektabilitas ini melebar sedikit dari elektabilitas Ganjar dan Anies sebelumnya 19,8 persen.

Litbang Kompas menduga keunggulan Prabowo lantaran mendapat limpahan suara dari Ganjar maupun Anies. Baik pendukung Ganjar maupun pendukung Anies diprediksi sama-sama melimpahkan suaranya ke Prabowo Subianto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement