Selasa 22 Aug 2023 18:02 WIB

Varian Baru Covid-19 yang Sedang Dipantau Bawa Banyak Mutasi Baru

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah varian baru ini lebih menular atau parah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Varian baru Covid-19 (ilustrasi). WHO sedang mempelajari varian baru virus penyebab Covid-19 yang sangat bermutasi.
Foto: Pixabay
Varian baru Covid-19 (ilustrasi). WHO sedang mempelajari varian baru virus penyebab Covid-19 yang sangat bermutasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sedang melacak dan mempelajari varian baru virus penyebab Covid-19 yang sangat bermutasi. Secara resmi diberi judul BA.2.86 dan dijuluki Pirola di media sosial, WHO menetapkannya sebagai “varian dalam pemantauan”.

Status ini berlaku untuk varian yang memiliki jumlah mutasi yang luar biasa besar sehingga memerlukan pemantauan saat menyebar. Dilansir Popular Science, Selasa (22/8/2023), menurut ahli biologi evolusi Pusat Kanker Fred Hutchinson Jesse Bloom, BA.2.86 memiliki lebih dari 30 perubahan asam amino dalam protein lonjakannya, dibandingkan dengan nenek moyang terdekat berikutnya (subvarian BA.2 Omicron).

Baca Juga

“Kami belum melihat varian baru (pada manusia) dengan banyaknya lonjakan mutasi baru yang terjadi sekaligus sejak kemunculan Omicron asli,” kata Bloom kepada NBC News.

“Berdasarkan urutannya, saya pikir kita bisa sangat yakin bahwa (varian) ini akan relatif baik dalam menghindari antibodi yang dimiliki kebanyakan orang dari infeksi dan vaksinasi sebelumnya. Yang masih belum kita ketahui adalah, apakah varian ini cukup baik dalam menularkan sehingga benar-benar mampu menyebar luas ke seluruh dunia?”.

Sejauh ini, hanya enam rangkaian BA.2.86 yang telah dilaporkan di Amerika Serikat, Inggris Raya (UK), Israel, dan Denmark, namun para ahli epidemiologi khawatir bahwa rangkaian tersebut beredar di lebih banyak tempat karena pemantauan terhadap varian Covid-19 menurun. Morten Rasmussen, peneliti senior di Statens Serum Institut (SSI) di Denmark, dalam sebuah pernyataan mengatakan tidak biasa corona berubah begitu signifikan dan mengembangkan 30 mutasi baru. “Terakhir kali kami melihat perubahan besar adalah ketika Omicron muncul,” ujar Rasmussen.

Ilmuwan SSI menekankan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk mengatakan apakah varian baru ini lebih menular atau parah dan mereka sedang dalam proses mengujinya terhadap antibodi manusia. CDC akan terus memantau BA.2.86, namun tidak mengatakan bahwa hal tersebut saat ini perlu dikhawatirkan.

Menurut pelacak varian CDC, keturunan XBB EG.5 (dijuluki Eris) menyebabkan sekitar 20 persen dari seluruh kasus baru Covid-19 di Amerika Serikat (AS) dan merupakan varian yang dominan. Varian paling umum berikutnya adalah FL.1.5.1 yang menyebabkan sekitar 13 persen kasus baru.

“Saya pikir apa yang kami lihat adalah mekanisme deteksi yang kami terapkan berfungsi, bukan?. Kami lebih siap dari sebelumnya untuk mendeteksi dan merespons perubahan virus Covid-19," ujar Direktur CDC Mandy Cohen kepada CNN.

Dengan semakin dekatnya musim virus di musim gugur dan musim dingin, kasus Covid-19 diperkirakan akan terus meningkat di seluruh AS. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) diperkirakan akan segera mengesahkan suntikan booster yang diperbarui, dengan persetujuan dari CDC diharapkan pertengahan September. Booster baru ini tidak akan menyertakan subvarian spesifik ED.5 atau BA.2.86, tetapi akan menargetkan strain XBB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement