REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Guardian, ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuka di Indonesia bagian dari PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group), ingin memfasilitasi masyarakat mendapatkan akses dan edukasi kesehatan, khususnya anak-anak di rumah susun (rusun).
Untuk itu, lewat Guardiancares, digandeng pula Waroeng Imaji untuk mengajak anak-anak rusun peduli pada hidup sehat. Co-Founder, Managing Director & Head of Production Yayasan Waroeng Imaji, Dovieke Angsana menjelaskan, usaha yang dirintisnya berdiri 2017, dan fokus mengembangkan karakter anak-anak melalui seni dan kreativitas.
"Salah satu yang rutin kita adakan adalah Musikal Anak Rusun," ungkap Dovieke dalam rangkaian kampanye Guardiancares di Rusun Pinus Elok, Jakarta Timur, Rabu (23/8/2023).
Program Guardiancares merupakan salah satu wujud nyata kepedulian dan komitmen Guardian, untuk meningkatkan akses serta kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya anak-anak dari keluarga prasejahtera. Dalam program Guardiancares tahun ini, Guardian menyalurkan 24 ribu produk own brand sabun mandi ukuran satu liter.
Para penerima adalah anak-anak dan keluarga prasejahtera di area Bekasi dan Jakarta. Guardiancares juga memberikan edukasi mengenai pentingnya pemahaman personal higienis sejak dini.
Dovieke menerangkan, bantuan ini merupakan kali pertama Yayasan Waroeng Imaji berkolaborasi dengan Guardian. "Donasi 10 ribu sabun. Kita kerja sama sama pihak rusun. Kenapa memilih rusun karena secara administrasi sudah terkoodinasi, terdata dengan baik," katanya.
Dalam pendistribusiannya, Head of Marketing Guardian Indonesia Malvin Tarigan menyebut, pihaknya berkolaborasi dengan Yayasan Waroeng Imaji sebagai organisasi nirlaba yang memberdayakan anak rusun, dan beberapa instansi sekolah dasar.
"Guardiancares merupakan bentuk dukungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak-anak Indonesia. Dalam implementasi program Guardiancares tahun ini, kami mengedukasi anak-anak beserta orang tua terkait pentingnya personal hygiene," ucap Malvin.
Salah satu program dukungan kampanye tersebut adalah mendonasikan sabun mandi Guardian ke keluarga prasejahtera yang tinggal di rusun, di bawah naungan Yayasan Waroeng Imaji. Sejak diluncurkan dan hingga saat ini, program Guardiancares telah menjangkau ribuan anak di wilayah Jakarta dan Bandung.