Rabu 23 Aug 2023 18:33 WIB

Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Bikun Tracker

Bikun Tracker adalah web-app pelacakan lokasi Bikun secara real-time.

Red: Fuji Pratiwi
Bis Kuning Universitas Indonesia
Foto: Republika/Fuji Pratiwi
Bis Kuning Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI melalui Ristek Fasilkom dan Hive Fakultas Teknik (FT) UI berkolaborasi membuat aplikasi bernama Bikun Tracker untuk mempermudah sivitas akademika mengetahui posisi moda transportasi bus kuning.

"Web-app ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengaksesnya tanpa perlu mengunduh di perangkat mereka masing-masing. Selain itu web-app ini mencakup berbagai fungsi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi waktu dan memastikan perpindahan tanpa hambatan," kata Direktur Produk Ristek Fasilkom UI Jeremy Alva Prathama di Kampus UI Depok, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga

Menurut dia, kolaborasi dalam proses application development dan pembuatan (coding) aplikasi. Bikun Tracker merupakan solusi inovatif yang dapat membantu mobilitas sivitas akademika UI menjadi lebih efisien dan efektif.

Aplikasi berbasis web (web-app) ini diluncurkan pada tanggal 22 Mei lalu dan dapat diakses melalui laman bikun.ac.id.

Fitur Utama Bikun Tracker antara lain pelacakan lokasi Bikun secara real-time sehingga memungkinkan pengguna merencanakan perjalanan dengan lebih efektif dan mengurangi waktu tunggu.

Kedua, pemilihan halte dan rute terdekat. Ketiga, informasi Bikun terdekat, termasuk waktu kedatangan, durasi waktu kedatangan, nomor Bikun, dan informasi rute berdasarkan halte serta rute yang telah dipilih.

Cara penggunaan aplikasi ini, kata dia, pengguna masuk ke laman bikun.ui.ac.id, kemudian pilih halte saat ini.

Berikutnya pilih jalur bikun yang diinginkan (merah atau biru). Selanjutnya, pengguna akan melihat posisi dan prediksi waktu tiba Bikun berikutnya di halte saat ini. Pengguna juga dapat melihat posisi bikun di halaman utama.

Bikun Tracker juga menawarkan sistem pelaporan kekerasan seksual yang aman dan mudah. Dengan fitur ini, pengguna dapat melaporkan kejadian yang tidak menyenangkan dengan mengklik tombol corong berwarna merah di bagian kanan layar pada aplikasi.

Fitur ini juga berfungsi apabila pengguna mengalami bahkan jika melihat kasus kekerasan seksual. Ristek mengelola data-data yang tersimpan terkait pelaporan kasus kekerasan seksual yang terjadi.

"Harapannya, aplikasi Bikun Tracker dapat menjadi solusi yang membantu menyelesaikan permasalahan mobilitas sivitas akademika UI dan menjadikan sivitas akademika UI lebih produktif dalam menjalankan keseharian mereka," ujar Jeremy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement