Selasa 29 Aug 2023 21:54 WIB

Warganet Geram dan Curiga Soal Didepaknya Bintang Voli Indonesia dari Timnas

PBVSI pun menjadi sasaran empuk para pecinta voli Indonesia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Atlet Bola Voli Indonesia Rivan Nurmulki melakukan smash saat melawan tim bola voli Thailand di  klasifikasi  1-12  Putra Asian Games di Volley Indor Senayan , Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Atlet Bola Voli Indonesia Rivan Nurmulki melakukan smash saat melawan tim bola voli Thailand di klasifikasi 1-12 Putra Asian Games di Volley Indor Senayan , Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Rivan Nurmulki mulai mendapat sorotan. Ia sering menjadi andalan Tim Nasional voli Indonesia di berbagai kejuaraan.

Rivan ikut berjasa mengantarkan awak merah putih meraih medali emas SEA Games Kamboja. Sosok yang kini membela Surabaya BIN Samator itu terlibat dalam kejuaraan Asian Volleyball Challenge (AVC) Cup 2023. 

Baca Juga

Setelah event tersebut, Rivan tak disertakan dalam skuad yang berlaga di SEA V League 2023. Ini kejuaraan level Asia Tenggara. 

Sosok kelahiran Jambi itu juga absen dari AVC Championship 2023 di Iran pada 19-26 Agustus lalu. Publik dibuat bertanya-tanya. Apa penyebab seorang bintang mulai tak dipanggil Timnas. 

Rupanya belum berhenti sampai di situ. Teranyar, nama Rivan Nurmulki tak ada dalam daftar yang akan dibawa ke Asian Games 2022 yang baru digelar tahun ini. Kejuaraan tersebut dimulai pada akhir bulan depan. Tepatnya pada 23 September-8 Oktober 2023.

Kemarahan penggemar tak tertahankan. PBVSI jadi sasaran tembak. Situasi ini terlihat di media sosial induk Organisasi Bola Voli tanah air itu.

"Sekarang alasan apalagi nih PBVSI soal Rivan gak diikutkan? Pemain masih aktif, masih di top perform juga, masih layak main di timnas. Alasan apalagi? Pasti ini gara-gara kalian antikritik. Federasi kayak kalian gak bisa maksimalkan potensi yang dimiliki, malah buang-buang kesempatan. Ckckck ampass," tulis akun Almaikaf.

"Wah kalo ini semakin jelas Ada keganjilan. Okelah kemaren Rivan gak dipanggil. Kalo skrg gak di panggil lagi padahal usia rivan masih produktif dan masih GACOR jelas ini ada keanehan....come on federasi," akun akmalhandoyo10, menambahkan.

"Gmn gmn @pbvsi_official tolong segera klarifikasinya.. kami pecinta voli mau dengar knpa rivan ngga ada di list pemain ????? Admin sosmednya masih digaji kan ?? Bisa dong baca komen netizen termasuk saya… segera sampaikan ke atasan.. buru kasih klarifikasi.. pasti kalian sebelum share ini udah tau bakal pda bertanya”.. mana skrg jawabannya MANA !," tulis pemilik akun vikaputri_s.

Terdapat beberapa komentar lainnya bernada serupa. Republika.co.id mencoba menghubungi Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBVSI Loudry Maspaitella untuk merespon situasi ini. Pertama terkait alasan mengapa Rival tak dipanggil Timnas untuk ajang Asian Games Hangzhou. Berikutnya, perihal reaksi warga net.

Loudry mengatakan dirinya masih mengikuti rapat di PBVSI. Ia mengirimkan foto suasana rapat tersebut lewat pesan singkat. Ia akan merespon saat jeda.

Sebelumnya, pada Juli 2023 lalu Rivan Nurmulki melancarkan kritik kepada PBVSI. Ia yang menyayangkan kurangnya pendanaan saat Timnas hendak mengikuti turnamen internasional. Ia merasa itu salah satu penyebab Indonesia sempat terpental dari peringkat voli dunia. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاخْتَارَ مُوْسٰى قَوْمَهٗ سَبْعِيْنَ رَجُلًا لِّمِيْقَاتِنَا ۚفَلَمَّآ اَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ قَالَ رَبِّ لَوْ شِئْتَ اَهْلَكْتَهُمْ مِّنْ قَبْلُ وَاِيَّايَۗ اَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَاۤءُ مِنَّاۚ اِنْ هِيَ اِلَّا فِتْنَتُكَۗ تُضِلُّ بِهَا مَنْ تَشَاۤءُ وَتَهْدِيْ مَنْ تَشَاۤءُۗ اَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِيْنَ
Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohon tobat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Ketika mereka ditimpa gempa bumi, Musa berkata, “Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau binasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang berakal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah pemimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah pemberi ampun yang terbaik.”

(QS. Al-A'raf ayat 155)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement