Rabu 30 Aug 2023 19:31 WIB

Politikus PDIP: Ganjar Ganteng, Lincah, Muda, dan tak Marah-Marah

Kenaikan elektabilitas Ganjar dinilai dipengaruhi oleh sosok gubernur itu sendiri.

Red: Teguh Firmansyah
 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Foto: Bowo Pribadi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Politikus senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengungkapkan faktor yang meningkatkan elektabilitas Ganjar Pranowo. Salah satu faktor itu adalah sosok Gubernur Jawa Tengah itu sendiri.

“Sosok Ganjar sendiri yang mempengaruhi meningkatnya elektabilitasnya,” kata Hendrawan di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Dia menilai Ganjar merupakan sosok yang ganteng, lincah, muda, dan tidak suka marah-marah. Selain itu dia menilai Ganjar berlatar belakang keluarga yang sederhana dengan rekam jejak sosial dan spiritual yang baik.

Selain itu, Hendrawan mengungkapkan ada faktor lain yang mempengaruhi meningkatkanya elektabilitas Ganjar, yaitu pengetahuan dan kesadaran kolektif masyarakat yang terus meningkat. “Itu menyangkut literasi politik terkait riwayat masa lalu tokoh, afiliasi partai,” ujarnya.

Selain itu, Ketua DPP Partai Perindo Heri Budianto menilai kenaikan elektabilitas Ganjar merupakan hal positif yang menunjukkan kekuatan partai politik (parpol) pengusung dan pendukung bekerja keras memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Tren kenaikan elektabilitas Ganjar itu menurut Heri disebabkan karena “mesin” parpol koalisi solid bergerak sampai ke tingkat akar rumput.

“Saat ini semua kekuatan dikerahkan untuk terus mendukung Ganjar Pranowo ke semua segmen pemilih,” kata Heri Budianto di Jakarta, Rabu.

Dia menilai tim relawan juga ikut berkontribusi dalam mendongkrak elektabilitas Ganjar. Menurut dia, kerja-kerja politik para relawan bergerak dalam satu komando di bawah koordinasi Ketua Tim Relawan Ganjar Pranowo yaitu Ahmad Basarah.

Sebelumnya, hasil riset Saiful Mujani Research Center (SMRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo 35,9 persen, Prabowo Subianto 33,6 persen, dan Anies Baswedan mendapatkan dukungan publik 20,4 persen.

Selain itu, survei Litbang Kompas menunjukkan Ganjar meraih elektabilitas tertinggi dengan 34,1 persen. Kemudian disusul dengan Prabowo yang memiliki 31,3 persen, dan Anies dengan 19,2 persen.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil jajak pendapat terbaru, hasilnya, elektabilitas Ganjar Pranowo rebound atau kembali naik. Dalam survei Indikator tersebut elektabilitas Ganjar mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga.

Elektabilitas Ganjar sebesar 35,2 persen jika pemilihan presiden diadakan sekarang, Prabowo 33,2 persen dan Anies 23,9 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement