Senin 04 Sep 2023 19:53 WIB

Tak Hanya Singkirkan Juara Bertahan Spanyol, Timnas Basket Kanada Juga Lolos ke Olimpiade

Kanada akan berhadapan dengan Slovenia di perempat final Piala Dunia FIBA 2023.

Red: Endro Yuwanto
Pebasket timnas Kanada Shai Gilgeous-Alexander (kiri) saat berebut bola dengan lawan di Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena.
Foto: AP/Tatan Syuflana
Pebasket timnas Kanada Shai Gilgeous-Alexander (kiri) saat berebut bola dengan lawan di Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas bola basket Kanada merayakan dua kemenangan pada malam terakhirnya di Indonesia Arena setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol dengan skor 88-85, yaitu menembus babak perempat final Piala Dunia FIBA 2023 dan sekaligus mendapatkan tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024.

"Kami akan pergi ke Olimpiade, ini gila. Ya, saya sedang senang, ayo," kata pemain Kanada RJ Barrett usai laga melawan Spanyol di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Ahad (3/9/2023).

Baca Juga

Kanada mengakhiri babak penyisihan grup Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia sebagai pemuncak klasemen Grup L dengan mengemas 4 menang dan 1 kalah. Kanada menjadi tim nomor dua terbaik untuk wilayah Benua Amerika setelah Amerika Serikat pada babak grup di Piala Dunia FIBA. Posisi itu memberikan jaminan mendapat tiket Olimpiade Paris 2024 secara langsung, bersama tim Amerika Serikat.

RJ Barrett yang kegirangan sampai berjoget di hadapan wartawan karena lolos Olimpiade. Aksi itu tentu dapat dimaklumi. Terakhir kali tim bola basket Kanada mengikuti Olimpiade adalah tahun 2000 di Sydney Australia.