Sabtu 16 Sep 2023 00:43 WIB

Dubes Indonesia untuk Polandia Berbagi Inspirasi kepada Siswa Indonesia di Tokyo

Anita Lidya Luhulima merupakan alumni Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Red: Gita Amanda
Dubes Indonesia untuk Polandia, Anita Lidya Luhulima, berfoto bersama dengan sejumlah siswa kelas 12 SRIT di sela-sela waktu rehat sekolah, Kamis (14/9/2023).
Foto: Dok SRIT
Dubes Indonesia untuk Polandia, Anita Lidya Luhulima, berfoto bersama dengan sejumlah siswa kelas 12 SRIT di sela-sela waktu rehat sekolah, Kamis (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Anita Lidya Luhulima, membagikan inspirasi kepada seluruh siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), Kamis (14/9/2023) lalu. Kedatangannya di sela-sela cuti tugas sebagai wakil diplomatik tertinggi Indonesia di Polandia adalah untuk bernostalgia, mengingat masa kecil dan remaja saat bersekolah di SRIT. 

"Senang sekali bisa melihat kembali SRIT dengan kondisi yang terawat serta para siswa yang penuh semangat. Dulu, saya mengenyam pendidikan di sini pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah atas," ungkapnya di hadapan para peserta didik SRIT yang menyimak paparan dengan sangat antusias, seperti dalam siaran persnya.

Menurutnya, dalam sesi berbagi, para siswa Indonesia yang sedang berada di luar negeri harus senantiasa mengingat, bahkan memelihara akar budayanya. Mempraktikkan bahasa Indonesia, sebagai produk budaya, adalah salah satunya. 

Meski para siswa piawai berbahasa asing, katanya, mereka juga harus mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Para peserta didik harus bisa mengimbangi kemampuan bahasa asing dengan keterampilan bahasa Indonesia.