Selasa 19 Sep 2023 12:18 WIB

BPBD DKI Kirim Lima Mobil Tangki untuk Atasi Krisis Air Bersih di Kalideres 

Air bersih diberikan Baznas (Bazis) DKI ke Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jaksel.

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI, Isnawa Adji.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI, Isnawa Adji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta bergerak cepat dalam menindaklanjuti laporan warga, termasuk mengatasi krisis air bersih yang terjadi di RW 11 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI pun langsung mengirimkan air bersih ke lokasi.

"Kami mendapat laporan adanya krisis air bersih di RT 05, 06, 07, dan 10. Kemudian berkoordinasi dengan Baznas (Bazis) DKI Jakarta dan PAM Jaya untuk memberikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI, Isnawa Adji, saat dikonfirmasi di Jakarta pada Selasa (19/9/2023).

Baca Juga

Untuk menyediakan air bersih, kata Isnawa, BPBD menerjunkan sebanyak lima unit mobil tangki air berkapasitas 3.000 liter ke alamat Jalan Utan Jati, Kelurahan Pegadungan. Air diberikan secara gratis oleh Baznas (Bazis) DKI Jakarta dan dikoordinasikan satu pintu melalui pengurus RW setempat.

Menurut Isnawa, pada April 2023, BPBD DKI telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait, seperti PAM Jaya, Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga, serta Satpol PP untuk mengantisipasi dampak musim kemarau. Semua pihak berkoordinasi untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi warga Jakarta.

"Saya telah menugaskan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk berkoordinasi dengan semua lurah yang ada di Jakarta guna memantau dan melaporkan apabila ada krisis air bersih di wilayahnya," kata Isnawa.

Dalam menyikapi musim kemarau yang masih berlangsung hingga kini, ia mengimbau masyarakat untuk menghemat air bersih dan memberlakukan skala prioritas untuk pemanfaatan air. "Masyarakat dapat menghubungi Jakarta Siaga 112 apabila mengalami kesulitan air bersih di wilayahnya," ujar Isnawa.

Krisis air bersih terjadi di kawasan Kalideres, Jakarta Barat akibag musim kemarau berkepanjangan. Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya menaruh perhatian atas masalah itu dan selalu melakukan pengawasan. 

"Saya selalu monitor itu dan saya minta kepada Dirut PAM Jaya untuk menyuplai supaya bersih terus. Ya menjadi perhatian lah dari pemerintah, supaya masyarakat mendapat air bersih," kata Heru di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (16/9/2023). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement