Ahad 24 Sep 2023 17:11 WIB

Finis Terdepan di GP Jepang, Verstappen Bawa Red Bull Juara Konstruktor F1 2023

Red Bull juara konstruktor saat balapan F1 2023 masih menyisakan enam seri.

Red: Andri Saubani
Pembalap Formula Satu Belanda Max Verstappen dari Red Bull Racing melakukan selebrasi setelah memenangkan Grand Prix Formula Satu Jepang di arena pacuan kuda Sirkuit Suzuka di Suzuka, Jepang, Ahad (24/9/2023).
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Pembalap Formula Satu Belanda Max Verstappen dari Red Bull Racing melakukan selebrasi setelah memenangkan Grand Prix Formula Satu Jepang di arena pacuan kuda Sirkuit Suzuka di Suzuka, Jepang, Ahad (24/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pembalap Formula 1 dari tim Red Bull Max Verstappen berhasil menjuarai Grand Prix (GP) Jepang di Sirkuit Suzuka, Ahad (24/9/2023). Verstappen unggul dari dua pembalap McLaren di posisi kedua dan ketiga yaitu Lando Norris dengan selisih 19,38 detik dan Oscar Piastri dengan selisih 36,49 detik.

Kemenangan yang diraih Verstappen ini mengukuhkan timnya, Red Bull sebagai juara konstruktor F1 keenam kalinya atau kedua secara berturut-turut. Saat ini Red Bull bertengger di posisi teratas dengan 623 poin di klasemen Formula 1 konstruktor dan sudah tidak terkejar oleh pesaing terdekatnya, Mercedes yang meraih 305 poin meskipun balapan Formula 1 musim ini masih menyisakan enam seri.

Baca Juga

“Akhir pekan yang luar biasa. Menang di sini sungguh luar biasa. Saya pikir mobil itu bekerja dengan sangat baik di setiap kompleks,” kata Verstappen yang baru saja meraih kemenangan ke-13 nya musim ini, dilansir dari The Guardian.

“Hal terpenting adalah memenangkan hati para konstruktor, jadi saya sangat bangga dengan semua orang yang bekerja di trek dan juga di pabrik. Kami mengalami tahun yang luar biasa dan saya bangga dengan semua orang,” tambahnya.

Verstappen yang memulai balapan dari start posisi terdepan, terus menjaga keunggulan yang hampir tanpa celah. Posisi Verstappen sempat direbut Lando Norris ketika pebalap asal Belanda itu masuk ke pit. Namun, Verstappen yang menyandang status sebagai juara bertahan tidak membutuhkan waktu lama untuk kembali menyegel posisi terdepan hingga 53 lap balapan selesai.

Norris yang sempat mencicipi posisi terdepan menempati posisi kedua, disusul rekan setimnya Oscar Piastri yang sebelumnya berhasil menikung George Russell. Sementara itu, rekan setim Verstappen Sergio Perez yang pada balapan ini sempat mengalami insiden dengan Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, dan Esteban Ocon, gagal finis.

Adapun, kemenangan ini membuat Verstappen menambah pundi-pundi poinnya hingga seri ke-16 ini dengan tambahan 26 poin menjadi 400 poin. Verstappen unggul jauh dari pesaing terdekatnya yang merupakan rekan setim, Perez yang mengumpulkan 223 poin.

Seri ke-17 Formula 1 2023 akan berlangsung dua pekan mendatang. Tepatnya di Sirkuit Lusail, Qatar, pada 6-8 Oktober.

 

Hasil lengkap Formula 1 GP Jepang:

 

1. Max Verstappen (Red Bull Racing)

2. Lando Norrris (McLaren)

3. Oscar Piastri (McLaren)

4. Charles Leclerc (Ferrari)

5. Lewis Hamilton (Mercedes)

6. Carlos Sainz (Ferrari)

7. George Russell (Mercedes)

8. Fernando Alonso (Aston Martin)

9. Esteban Ocon (Alpine Renault)

10. Pierre Gasly (Alpine Renault)

11. Liam Lawson (Alphatauri Honda)

12. Yuki Tsunoda (Alphatauri Honda)

13. Zhou Guanyy (Alda Romeo Ferrari)

14. Nico Hulkenberg (Haas Ferrari)

15. Kevin Magnussen (Haas Ferrari).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement