Senin 25 Sep 2023 11:59 WIB

Waduh, Kuota Gratis Kereta Cepat Tahap Dua Habis Hingga 30 September

Per 25 September, KCIC sudah menutup pendaftaran uji coba tahap dua itu

Rep: Eva Rianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar tiba di Stasiun Halim. Durasi perjalanan Tegalluar-Halim menghabiskan waktu 45 menit dengan kecepatan maksimum 350km/jam. Senin (18/9/2023).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar tiba di Stasiun Halim. Durasi perjalanan Tegalluar-Halim menghabiskan waktu 45 menit dengan kecepatan maksimum 350km/jam. Senin (18/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah membuka pendaftaran uji coba tahap dua gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai 24 September 2023 untuk keberangkatan pada 25-30 September 2023. Terpantau pada 25 September 2023, KCIC sudah menutup pendaftaran uji coba tahap dua itu karena kuota sudah penuh.  

"Kuota uji coba periode 14-30 September 2023 telah terisi 100 persen. Terimakasih atas antusiasme Sobat terhadap kereta api cepat!" tulis laman resmi pendaftaran kereta cepat, ayonaik.kcic.co.id, Senin (25/9/2023). 

Diketahui, pendaftaran uji coba operasional KA Cepat Woosh dengan penumpang tidak berbayar itu hanya bisa dilakukan melalui situs ayonaik.kcic.co.id. Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menuturkan, mengingat animo masyarakat yang tinggi, dia meminta masyarakat untuk terus memantau informasi pendaftaran uji coba tidak berbayar KCJB di saluran-saluran komunikasi PT KCIC.

Kegiatan uji coba KCJB tidak berbayar itu dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota penumpang terbatas, yakni 500 tempat duduk untuk sekali perjalanan kereta api cepat. KCJB berhenti di empat stasiun pemberhentian, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalalur. 

Selama masa uji coba terbatas KCJB dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba berlangsung. Adapun jadwal keberangkatan KCJB selama masa uji coba tahap 2 yaitu Stasiun Halim - Tegalluar PP dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB dan Stasiun Tegalluar - Halim PP dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Penumpang yang mengikuti uji coba KCJB tahap dua melakukan pendaftaran di laman, dengan cara memilih rute perjalanan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Kemudian isi data penumpang sesuai identitas. 

Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan surat elektronik (email) sebagai bukti pendaftaran Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal dua penumpang dan satu nomor induk kependudukan (NIK) hanya dapat melakukan pemesanan satu kali selama masa uji coba.

Pada hari keberangkatan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas. Sama halnya seperti uji coba tahap pertama, Eva mengatakan setiap penumpang yang tercatat pada manifest perjalanan pada uji coba tahap kedua dipastikan sudah terlindungi asuransi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Eva juga mengimbau masyarakat memperhatikan jadwal perjalanan yang tersedia setiap harinya hingga 30 September 2023.

"Calon penumpang disarankan untuk tiba selambat-lambatnya satu jam sebelum perjalanan di stasiun keberangkatan guna menghindari antrian saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan," ujar Eva dalam keterangannya. 

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KCJB Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum. Sementara untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan Damri dan Mall Summarecon menyediakan armada shuttle bagi masyarakat. Adapun titik keberangkatan adalah Pool Damri Soekarno Hatta Bandung dan kawasan Mall Summarecon.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement