Rabu 27 Sep 2023 07:50 WIB

Tak Lagi LinkedIn, Kini Tinder Pun Dipakai untuk Cari Kerja, Berminat Mencoba?

LinkedIn menghentikan aplikasi pekerjaan lokalnya di Cina pada 2021.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tinder kini digunakan juga sebagai platform untuk menghubungkan orang-orang dari industri yang sama. Ini adalah bentuk pencarian kerja modern yang diciptakan oleh generasi muda.
Foto: google play store
Tinder kini digunakan juga sebagai platform untuk menghubungkan orang-orang dari industri yang sama. Ini adalah bentuk pencarian kerja modern yang diciptakan oleh generasi muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Saat ini tengah berkembang tren unik di Cina, yaitu memanfaatkan aplikasi kencan Tinder sebagai platform pencari kerja. Fenomena ini berkembang di kalangan lulusan muda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan melalui cara-cara tradisional, seperti mengirim resume melalui email dan mencari sumber melalui LinkedIn. 

Tren ini mendapatkan popularitas setelah LinkedIn menghentikan aplikasi pekerjaan lokalnya di Cina pada 2021. Tanpa platform perekrutan yang terkenal, pencari kerja akan kesulitan mencari perusahaan dan organisasi multinasional yang dapat diandalkan untuk mengirimkan resume mereka. 

Baca Juga

Pada tahun 2021, LinkedIn telah mengurangi operasinya di Cina secara signifikan. Mereka menawarkan InCareer versi sederhana tanpa feed sosial atau kemampuan untuk berbagi postingan. Pada Maret 2023, aplikasi ini telah mengumpulkan 959.600 pengguna aktif bulanan, jauh di belakang pesaing domestiknya seperti 51job dan Liepin. 

Namun, bagaimana Tinder berperan dalam semua ini? Sebagai permulaan, Tinder ternyata merupakan aplikasi yang jauh lebih populer jika dibandingkan dengan aplikasi kencan internasional lainnya, seperti Bumble. Meskipun merupakan aplikasi yang memerlukan VPN untuk mengaksesnya, Tinder masih merupakan aplikasi yang banyak digunakan. 

Ironisnya, kesulitan dalam mengakses aplikasi juga membuktikan hal ini bagi banyak pengguna di Cina— basis penggunanya akan terdiri dari orang-orang yang memiliki karier solid dan pekerjaan yang layak. Setidaknya, pelajar tidak akan bermain-main dengan Tinder untuk saat ini (kecuali mereka memiliki langganan VPN). 

Tinder memiliki opsi filter yang bagus untuk digunakan penggunanya. Dengan pelacakan GPS, orang dapat memperluas jaringan mereka dan bertemu orang-orang di luar lingkaran sosial normal mereka. Banyak yang menganggap tren ini bermanfaat karena pengguna bisa bertemu orang-orang yang mungkin bisa menjadi 'pendorong' yang mereka cari.

Dilansir Mashable SE Asia, Rabu (27/9/2023), seorang lulusan Peking University mengatakan kepada Sixth Tone bahwa kariernya dimulai dari sebuah pertemuan di Tinder. Sebelum menyelesaikan gelar filsafatnya pada tahun 2020, dia pernah berjodoh dengan seorang pria melalui aplikasi kencan dan mereka berkencan. 

Dia mencurahkan segala kegelisahan dan ketidakpastiannya akan peluangnya mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Pria itu kebetulan bekerja di sebuah perusahaan teknologi besar di Beijing, Cina. 

Dia membantunya dengan memberikan tips berguna untuk melamar magang di perusahaan. Cukup beruntung baginya, dia berhasil mendapatkan penempatan magangnya. 

Penempatan ini meningkatkan peluangnya di kemudian hari. Tak hanya itu, pria yang membantunya menjadi pasangan yang selama ini dia cari. Pasangan itu bertunangan dengan bahagia. “Berbeda dengan LinkedIn, Tinder menciptakan suasana yang lebih intim karena percakapan pertama biasanya dimulai dengan kehidupan pribadi Anda,” ujarnya. 

Tinder dapat bertindak sebagai platform untuk menghubungkan orang-orang dari industri yang sama. Ini adalah bentuk pencarian kerja modern yang diciptakan oleh generasi muda.

Di tengah semua promosi sensasional tentang penggunaan Tinder sebagai platform jaringan, juru bicara Tinder memperingatkan pengguna yang mencoba menggunakan akun mereka untuk “tujuan bisnis”. Ini jelas merupakan pelanggaran terhadap pedoman komunitas platform. “Pedoman kami memperkuat kebijakan kami bahwa pengguna harus menggunakan Tinder untuk menjalin hubungan pribadi, bukan hubungan bisnis,” kata juru bicara tersebut. 

“Tinder bukanlah tempat untuk mempromosikan bisnis untuk mencoba menghasilkan uang. Demikian pula, pengguna juga tidak boleh mengiklankan, mempromosikan, atau membagikan akun atau tautan sosial untuk mendapatkan pengikut, menjual barang, menggalang dana, atau berkampanye.” 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement