Jumat 29 Sep 2023 05:15 WIB

Berdayakan UMKM, Evermos Sabet LinkedIn Top Startup Indonesia 2023

Logistik jadi tantangan utama bagi UMKM untuk jangkau pelanggan di lower-tier cities.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Co-founder Evermos, Ghufron Mustaqim
Foto: istimewa
Co-founder Evermos, Ghufron Mustaqim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Evermos sebagai platform connected commerce terbesar di Indonesia, selalu berusaha untuk berpihak pada UMKM. Hal itu menuntun Evermos meraih peringkat tiga di LinkedIn Top Startup Indonesia 2023.

LinkedIn menerbitkan daftar top startup setiap tahun, dengan proses seleksi berdasarkan data eksklusif platform jejaring profesional tersebut. Selain itu, dilakukan evaluasi para ahli untuk mengidentifikasi startup dengan pertumbuhan pesat, serta kemampuan merekrut dan mengembangkan talenta terbaik.

Co-founder dan CEO Evermos, Ghufron Mustaqim mengatakan, perusahaan berinvestasi di peningkatan kualitas dan pengembangan talenta. Tidak hanya dari sisi kemampuan teknis, tetapi juga mencari talenta dengan nilai-nilai yang sejalan dengan perusahaan, seperti value creation, critical thinking, dan drive for achievement.

"Bekerja di dunia startup tidak hanya tentang mencapai kesuksesan secara profesional, tetapi juga sebuah perjalanan untuk terus bertumbuh dari sisi pengembangan kepribadian dan kepemimpinan, yang sangat penting bagi Evermos dalam misi kami untuk memberdayakan UMKM dan underserved communities,” ucap Ghufron dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Sebagai perusahaan yang berfokus pada nilai-nilai ESG (environment, social, and governance), Evermos akan terus menciptakan lingkungan kerja inklusif, dengan memberikan kesempatan yang sama bagi semua karyawan terlepas dari latar belakang, zero-tolerance policy atas diskriminasi dan pelecehan dalam berbagai bentuk.

Salah satunya adalah bekerja sama dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) dalam melakukan assessment, training, dan berbagai upaya, untuk mendorong pemberdayaan wanita serta kesetaraan gender di tempat kerja.

Sejak didirikan pada 2018, Evermos berdedikasi untuk memberdayakan UMKM yang meliputi 99,9 persen bisnis di Indonesia, berdasarkan data Bank Indonesia. Walaupun UMKM berkontribusi sebesar 60,3 persen dari PDB Indonesia, tidak lebih dari 0,5 persen UMKM mampu berkembang hingga skala nasional.

Tantangan logistik sebagai negara kepulauan dengan 17 ribu pulau, merupakan salah satu masalah utama bagi UMKM untuk menjangkau pelanggan di lower-tier cities. Evermos menawarkan solusi logistik bagi jenama lokal melalui jaringan reseller terbesar di Indonesia, guna memberikan kesempatan yang setara bagi semuanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement