Jumat 29 Sep 2023 10:29 WIB

Ayat-Ayat Surat Al Baqarah dan Ali Imran yang Saling Berkaitan

Surat Ali Imran itu kedudukannya menjawab keraguan orang-orang yang menentang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sekeluarga mengaji, mengaji sekeluarga, mengaji bersama, ngaji bersama.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ilustrasi sekeluarga mengaji, mengaji sekeluarga, mengaji bersama, ngaji bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu keistimewaan dalam Alquran adalah menceritakan kisah kaum-kaum terdahulu termasuk tentang kisah kaum Yahudi dan kisah kaum Nasrani. Alquran juga menghimpun ajaran yang dibawa nabi Musa kepada kaum Yahudi dan ajaran nabi Isa yang dibawa kepada kaum Nasrani dalam kitab Taurat dan kitab Injil.

Ini dapat disimpan dalam keterkaitan dua surat dalam Alquran yakni surat Al Baqarah dengan surat Ali Imran.

Baca Juga

قال بعض الأئمة: تضمنت سورة الفاتحة: الإقرار بالربوبية، والالتجاء إليها في دين الإسلام، والصيانة عن دين اليهود والنصارى. وسورة البقرة تضمنت قواعد الدين، وآل عمران مكملة لمقصودها.

Artinya: Sejumlah imam berkata (sebagaimana dapat dilihat dalam kitab Al Burhan fi Ulum Alquran karya Zarkashi 1/260) : pada surat Al Fatihah itu terkandung: pengakuan akan ketuhanan (rububiyah), dan mengagungkan ajaran Islam, dan memelihara ajaran agama Yahudi dan Nasrani (yang murni). Dan surat Al Baqarah itu terkandung kaidah-kaidah agama, dan surat Ali Imran itu menyempurnakan maksudnya. (Lihat Asroru Tartib al-Qur'an karya Imam Jalaluddin Asy Suyuthi, penerbit Darul Fadhilah, halaman 53 atau bisa juga lihat di laman https://shamela.ws/book/9992/51#p1).