Ahad 01 Oct 2023 19:10 WIB

Menlu Afghanistan Mutaqqi Temui Grand Mufti Federasi Rusia

Rakyat Afghanistan memiliki tempat dan rasa hormat yang istimewa di hati Muslim Rusia

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Menlu Afghanistan Mutaqqi Temui Grand Mufti Federasi Rusia. Foto:  Masjid di kota Moskow, Rusia.
Menlu Afghanistan Mutaqqi Temui Grand Mufti Federasi Rusia. Foto: Masjid di kota Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW -- Menteri Luar Negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, dilaporkan berangkat ke Rusia untuk mengambil bagian dalam pertemuan Format Moskow. Dalam kesempatan yang sama, ia juga bertemu dengan Mufti Agung Federasi Rusia dan Imam Masjid Pusat Moskow, Ravil Ainuddin.

Dalam pertemuan tersebut, Mufti Rawil Ainuddin memberikan informasi detail mengenai umat Islam dan pusat keagamaan di Rusia. Ia juga berbicara mengenai kebijakan pemerintah Rusia, yang menghormati tempat-tempat suci Islam dan sikap non-diskriminatif terhadap umat Islam.

Baca Juga

Mufti Ainuddin lantas membahas tentang latar belakang sejarah Tatarstan dan Afghanistan. Ia menyebut Tatarstan sebagai penghubung antara Rusia dan dunia Islam.

Dilansir di situs resmi Kementerian Luar Negeri Afghanistan, Menlu Muttaqi disebut menyampaikan kepuasannya atas situasi umat Islam di Rusia. Kepada Mufti Ainuddin, ia mengapresiasi posisi imam tersebut sebagai pemimpin yang baik bagi umat Islam Rusia.

Ia juga menjelaskan stabilitas yang ada di Afghanistan. "Saya berharap Anda dapat memainkan peran penting yang efektif dan efisien, dalam memperkuat hubungan yang terjalin antara Afghanistan dan Rusia," kata dia kepada Mufti Ainuddin.

Pada akhir pidatonya, Mufti Rawil Ainuddin menyampaikan bahwa rakyat Afghanistan memiliki tempat dan rasa hormat yang istimewa di hati Muslim Rusia. Tak ketinggalan ia menyampaikan doa kepada Allah SWT untuk rekonstruksi dan pembangunan Afghanistan, serta keinginan untuk membantu meningkatkan hubungan antara Afghanistan dan Federasi Rusia.

Sebelumnya, Wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri Zia Ahmad Takal, mengatakan Amir Khan Muttaqi melakukan perjalanan tersebut atas undangan resmi Rusia untuk berpartisipasi dalam pertemuan format Moskow.

Duta Besar Rusia di Kabul, Dmitry Shirnov, lebih dari dua bulan lalu telah mengundang Menlu Mutaqqi untuk berpartisipasi dalam pertemuan format Moskow itu. Amir Khan Muttaqi disebut akan menghabiskan dua hari di Moskow dan kemudian pergi ke Kazan, ibu kota Tatarstan.

“Sebuah delegasi yang dipimpin oleh Amir Khan Muttaqi pergi ke Rusia atas undangan resmi Federasi Rusia untuk berpartisipasi dalam pertemuan Format Moskow. Delegasi Afghanistan akan tinggal di Moskow selama dua hari dan kemudian pergi ke Kazan, ibu kota Republik Tatarstan, tempat pertemuan format Moskow akan diadakan pada tanggal 29 September tahun ini,” ujar dia.

Adapun proses pertemuan konsultatif “Format Moskow” mengenai situasi di Afghanistan dimulai pada tahun 2017. Dalam kelompok ini, hadir pejabat senior dari Tiongkok, India, Pakistan, Iran, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan dan Kazakhstan.

Pertemuan Format Moskow diadakan tahun lalu tanpa kehadiran perwakilan Imarah Islam, namun pada tahun 2021 perwakilan Imarah Islam hadir.  

Sumber:

https://mfa.gov.af/en/on-the-sidelines-of-visit-to-moscow-fm-muttaqi-met-with-the-grand-mufti-of-the-russian-federation-and-imam-of-the-central-mosque-of-moscow-mr-ravil-ainuddin/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement