Jumat 06 Oct 2023 16:28 WIB

PLN Nusantara Power UP Cirata Salurkan Air Bersih Untuk Pesantren di Pati

Sebanyak 45.000 liter air bersih didistribusikan secara bertahap untuk pesantren

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PLN Nusantara Power UP Cirata bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk memberikan bantuan air bersih kepada beberapa pesantren dan warga terdampak kekeringan di desa Pasuruhan.
Foto: dok Rumah Zakat
PLN Nusantara Power UP Cirata bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk memberikan bantuan air bersih kepada beberapa pesantren dan warga terdampak kekeringan di desa Pasuruhan.

REPUBLIKA.CO.ID, PATI -- Musim kemarau pada tahun ini berjalan cukup lama, sehingga banyak daerah-daerah yang terdampak seperti kekeringan dan kesulitan dalam mendapatkan air bersih untuk aktivitas rumah tangga. Desa Pasuruhan, kecamatan Kayen, kabupaten Pati adalah salah satu daerah yang terdampak dari kemarau tersebut. 

Letak geografis wilayah desa tersebut berada disebelah utara lereng pegunungan Kendeng dengan membentuk seperti cawan, sehingga ketika musim penghujan daerah ini menjadi langganan banjir rawa yang cukup lama, butuh waktu dua minggu hingga satu bulan agar banjir yang menggenangi rumah-rumah warga dapat surut kembali. 

Akan tetapi ketika musim kemarau datang, diwilayah ini akan mengalami kekeringan dan sulitnya air bersih.  Untuk mendapatkan air bersih warga harus membeli atau mengandalkan bantuan dari pihak luar. Sedangkan kondisi masyarakat di desa ini rata-rata berprofesi sebagai buruh, petani dan sebagian merantau menjadi tenaga kerja diluar negeri. Di desa ini juga terdapat beberapa pesantren yang juga terdampak kesulitan air bersih. 

Melihat kondisi tersebut PLN Nusantara Power UP Cirata bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk memberikan bantuan air bersih kepada beberapa pesantren dan warga terdampak kekeringan di desa Pasuruhan. 

Maka, pada kamis, 21 September 2023 air bersih mulai didistribusikan di Komplek Ponpes Mambul Ulum Rt 09 Rw 03, Komplek Ponpes An Najah Rt 07 Rw 03 dan warga Rt 09 Rw 03 desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Sebanyak 45.000 liter air bersih didistribusikan secara bertahap untuk pesantren dan warga di desa tersebut. Lebih kurang 491 an santri dan warga mendapatkan manfaat dari program penyaluran air bersih ini.

Kyai Rosihin pengasuh Ponpes An Najah Desa Pasuruhan menyampaikan banyak terimakasih kepada PLN Nusantara Power UP Cirata dan Rumah Zakat yang telah memberikan bantuan air bersih kepada santri dan warga sekitar. Ia menyebut tahun ini musim kemarau datang seakan-akan lebih lama, sehingga para santri harus berhemat dalam menggunakan air.

"Semoga bantuan ini membawa keberkahan bagi para donatur dan dapat memberikan manfaat bagi kami, semoga Allah membalas kebaikan para donatur" ujar Rosihin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement